Melahirkan di Masa Pandemi? Ini Tipsnya!


Melahirkan di Masa Pandemi? Ini Tipsnya!

Melahirkan di Masa Pandemi? Ini Tipsnya!

Pandemi covid-19 yang tengah melanda hampir semua negara di dunia tentu membuat khawatir semua orang, termasuk ibu hamil. Bahkan ibu hamil termasuk golongan yang rentan terhadap covid, sehingga perlu melakukan upaya tambahan untuk mencegah penularan. Tetapi bagaimana jika Hari Perkiraan Lahir atau HPL akan terjadi dalam waktu dekat ini?

 

Persiapan melahirkan di tengah pandemi

 

ketahui persiapan melahirkan di masa pandemi

 

Walaupun pandemi covid-19 tengah terjadi, proses persalinan tetap dapat dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari konsultasi dengan dokter atau bidan saat menjelang persalinan, hingga proses melahirkan terjadi. Berikut ini merupakan beberapa tips bagi ibu hamil yang hendak melahirkan di masa pandemi.

 

1. Persiapkan fisik

Apapun jenis persalinan yang telah dipilih dan ditentukan bagi ibu membutuhkan ketahanan fisik yang kuat. Tentu ini berlaku juga selama masa pandemi. Bahkan ibu hamil akan diminta melakukan upaya lebih agar tubuh tetap fit menjelang proses persalinan. Misalnya dengan berjalan kaki di dalam rumah serta mengonsumsi berbagai makanan yang sehat dan bergizi. Jangan lupa untuk mengonsumsi Prenagen Mommy karena tinggi asam folat, zat besi, dan kalsium yang baik untuk ibu hamil dan calon bayi.

 

2. Menenangkan pikiran dan hati

Ibu hamil juga perlu menenangkan pikiran dan hati. Jangan panik, dan tetap tenang menjelang persalinan baik saat kondisi normal atau pandemi. Anda dapat mengatasi kepanikan dengan melakukan latihan pernapasan yang tentu baik juga untuk mengejan pada proses persalinan normal.

 

3. Mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh fasilitas kesehatan

Walaupun tengah dilanda pandemi, ibu hamil tetap dapat melakukan persalinan di fasilitas kesehatan seperti di bidan atau rumah sakit. Upayakan memilih rumah sakit yang tidak menjadi rujukan covid-19. Tetapi biasanya unit penanganan covid-19 akan dipisahkan jauh dari penanganan kesehatan lainnya di rumah sakit. Dan Ibu hamil harus jujur dengan kondisi kesehatannya saat dilakukan pemeriksaan sebelum persalinan agar tim medis dapat melakukan upaya khusus terkait hal tersebut.

 

Ibu hamil juga tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh masing-masing fasilitas kesehatan. Misalnya seperti wajib melakukan tes covid sebelum proses persalinan atau jumlah keluarga yang boleh menemani selama persalinan. Termasuk juga peraturan tentang pengunjung jika ibu hamil menjadi pasien rawat inap baik sebelum atau sesudah proses persalinan.

 

4. Penggunaan alat kesehatan untuk mencegah covid

Selama penyebaran covid, masyarakat dihimbau untuk rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta menggunakan masker. Memang untuk membersihkan tangan tetap harus dilakukan ibu hamil sebelum dan sesudah bersalin. Jika kesulitan, ibu hamil dapat menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif membersihkan tangan.

 

Sedangkan untuk penggunaan masker masih dapat Anda lakukan saat hendak menuju fasilitas kesehatan. Namun pada proses persalinan normal ataupun caesar, penggunaan masker tidak disarankan. Sebab oksigen akan sangat dibutuhkan ibu pada saat proses persalinan untuk membantu pernapasan. Ini juga berlaku bagi ibu hamil yang hendak melahirkan dan positif covid-19. Jangan takut untuk ditolak oleh fasilitas kesehatan meskipun ibu positif covid-19. Sebab tenaga medis tetap memiliki kewajiban untuk melakukan pelayanan kesehatan termasuk persalinan dengan menggunakan APD lengkap untuk mencegah penularan virus.

5. Persiapan perlengkapan ibu dan bayi

Sebelum berangkat ke fasilitas kesehatan untuk bersalin, ibu perlu menyiapkan hospital bag yang berisi perlengkapan ibu dan bayi yang baru lahir. Selain perlengkapan utama, ibu juga perlu membawa hand sanitizer. Lalu ibu juga dapat menyiapkan face shield tambahan untuk digunakan bayi, walaupun sudah disiapkan juga oleh fasilitas kesehatan.

 

Itulah 5 tips persiapan melahirkan di masa pandemi. Jangan lupa jika ibu hamil ingin mendapatkan Prenagen Mommy dengan mudah, cukup klik di sini. KALCare juga menyediakan berbagai nutrisi lain untuk mendukung ibu hamil hingga menyusui.

 

Prenagen Mommy memberi nutrisi untuk persiapan persalinan

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://www.ibupedia.com/artikel/kehamilan/17-hal-seputar-persiapan-melahirkan-saat-pandemi-covid-19