Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan Kulit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa yoghurt menjadi sangat populer karena nutrisinya, terutama dalam menyehatkan pencernaan. Namun, manfaat yoghurt tidak hanya terbatas pada kesehatan pencernaan, ternyata yoghurt juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Jenis Yoghurt

Untuk merawat kulit, sebaiknya jenis yoghurt yang digunakan adalah yoghurt tawar. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah yoghurt yunani. Yoghurt ini memiliki tekstur yang yang lebih kental, sehingga lebih mudah diaplikasikan pada kulit.

 

Jika Anda memiliki alergi susu sapi, Anda dapat mencoba  yoghurt nabati yang terbuat dari kacang almond dan santan.

 

Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan

Semua jenis masker umumnya memiliki manfaat dan tujuan yang sama. Masker wajah biasanya dirancang untuk meningkatkan tekstur kulit, mencerahkan, serta menjaga kelembapan.

 

Di bawah ini beberapa manfaat yoghurt untuk kecantikan kulit.

 

  1. Melembapkan dan mencerahkan Kulit

Tekstur krim dari yoghurt diklaim mampu mengunci kelembapan kulit. Sebuah studi dengan penerapan in vitro dan in vivo pada tahun 2011, menunjukkan bahwa perawatan menggunakan yoghurt dapat menambah kelembapan dan mencerahkan kulit.

 

Baca juga: Asupan Tepat untuk Kulit Sehat dan Cantik

 

  1. Melindungi Dari Sinar Ultraviolet

 

Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu studi pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa penggunaan yoghurt dapat meminimalisir dampak sinar ultraviolet pada kulit.

 

  1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit akan berkurang. Kolagen adalah sejenis protein yang dapat meningkatkan elastisitas pada kulit. Sebuah penelitian pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa yoghurt dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Penggunaan masker wajah berbahan yoghurt dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan juga mengoptimalkan tampilan kulit, seperti tekstur, kelembapan, dan kecerahan kulit.

 

  1. Membantu Melawan Jerawat

Manfaat yoghurt untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengatasi jerawat. Yoghurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Satu penelitian pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa kandungan probiotik pada yoghurt dapat mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat, menenangkan kemerahan kulit, dan mencegah jerawat agar tidak tumbuh lagi.

 

Baca juga: Macam-Macam Jerawat di Kulit

 

  1. Mengatasi Gangguan Kulit

Tidak hanya berfungsi untuk mengatasi jerawat, yoghurt juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi pada kulit. Kandungan probiotiknya dianggap dapat membantu mengobati gangguan kulit, seperti psoriasis, rosacea, dan eksim kulit.

 

Baca juga: Stress Melunturkan Keindahan Kulit

 

Perawatan wajah sebenarnya tidak harus mahal dan rumit. Perawatan sederhana seperti menggunakan masker yoghurt atau mengonsumsi yoghurt secara rutin juga cukup efektif untuk menjaga kecantikan kulit.

 

Kuncinya adalah disiplin dan konsistensi dalam melakukan perawatan. Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal, penggunaan produk kecantikan seperti minuman kolagen Diva juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

 

Salam,

KALCare

(NA)

 

Sumber:

  • Healthline. Diakses pada 7 Agustus 2021. 9 Benefits of a Yogurt Face Mask and How to DIY It