8 Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh, Baik untuk Kulit Hingga Saraf

8 Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh, Baik untuk Kulit Hingga Saraf

Vitamin E adalah vitamin larut lemak yang biasanya dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Sama seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin K, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Tak hanya sebagai antioksidan, ada banyak fungsi dan kegunaan lain dari vitamin E. Lantas, apa saja manfaat dan fungsi lengkap dari vitamin E untuk tubuh? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat dan Fungsi Vitamin E

Vitamin E memang terkenal sebagai vitamin kulit karena manfaatnya yang mampu mencegah penuaan dini. Namun, tak hanya sebatas itu saja. Ada banyak fungsi dan kegunaan lain dari vitamin E.

Berikut manfaat lengkap vitamin E untuk kesehatan.

1. Mencegah Penyakit Jantung

entrasol membatu menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian dari National Institutes of Health membuktikan lebih banyak mengonsumsi asupan vitamin E dapat menurunkan risiko jantung koroner. Hal ini karena, vitamin E mengandung antioksidan yang membantu mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh.

Stres oksidatif biasanya terjadi akibat kerusakan sel di dalam tubuh. Nah, jika hal ini terjadi pada jantung, sel-sel jantung dapat rusak hingga akhirnya menyebabkan penyakit kronis. 

Vitamin E juga terbukti dapat berguna untuk mencegah terjadinya sumbatan arteri dan plak dalam tubuh. Dengan begitu, aliran darah akan lancar sehingga dapat mencegah serangan jantung.

2. Mencegah Kanker

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa vitamin E dapat berfungsi sebagai zat pencegah kanker. Alasannya, kandungan gamma-tocopherol dan delta-tocopherol yang ditemukan dalam minyak sayur dapat mencegah munculnya kanker. 

Di dalam beberapa penelitian, kedua bentuk vitamin E tersebut, terbukti dapat menangkal faktor penyebab kanker. Meski begitu dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat vitamin E dalam mencegah kanker.

Perlu diketahui, tidak disarankan bagi penderita kanker mengonsumsi suplemen atau makanan vitamin E secara berlebih. Pasalnya, vitamin E dapat berinteraksi dengan pengobatan kemoterapi dan radiasi. 

Jika Anda sedang menjalani pengobatan kanker atau punya riwayat kanker, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter onkologi sebelum minum suplemen vitamin E.

3. Mencegah Gangguan Mata

manfaat kegunaan fungsi vitamin A

Kegunaan vitamin E lainnya adalah mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD). AMD merupakan hilangnya penglihatan pada orang lanjut usia. Penyakit ini adalah salah satu penyebab paling umum kehilangan penglihatan pada orang lanjut usia. 

Vitamin E mengandung alpha tocopherol yang berguna sebagai zat antioksidan di dalam tubuh. Zat antioksidan ini dapat mencegah rusaknya sel-sel di bagian makula mata akibat radikal bebas. 

Namun, manfaat vitamin E yang satu ini masih butuh penelitian lebih lanjut. 

Baca juga: Ragam Makanan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

4. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

manfaat kegunaan fungsi vitamin E mencegah alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara serta perilaku. 

Vitamin E ternyata terbukti dapat mencegah juga mengurangi risiko penyakit alzheimer. Menurut peneliti dari jurnal JAMA Network, vitamin E kaya akan antioksidan, sehingga dapat melindungi kesehatan fungsi otak.

Kegunaan vitamin E tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di National Health Service. Penelitian itu menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dengan rutin dapat menurunkan risiko penyakit pikun tersebut.

Tak hanya itu, vitamin E juga dipercaya bermanfaat untuk mengurangi risiko alzheimer adalah meningkatkan fungsi otak, seperti kemampuan mengingat.

5. Mencegah Penurunan Fungsi Otak

manfaat kegunaan vitamin E fungsi otak

Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Jika sel otak rusak, banyak fungsi tubuh yang akan terganggu dan dapat menimbulkan banyak penyakit lainnya. 

Nah, vitamin E yang berperan sebagai antioksidan ini juga mampu melindungi fungsi otak. Dengan begitu, rutin mengonsumsi sumber vitamin E dapat penyakit yang berkaitan dengan saraf dan otak.

6. Meringankan Gejala Osteoartritis

cara mengatasi nyeri sendi secara alami

Antioksidan dalam vitamin E ternyata juga bisa berguna untuk mencegah kerusakan sendi, salah satunya osteoarthritis. Osteoarthritis adalah kondisi peradangan sendi yang mengakibatkan rasa sakit dan kekakuan. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in pharmacology, membuktikan bahwa vitamin E bermanfaat untuk mengurangi radang pada osteoartritis. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa vitamin E bermanfaat dalam mencegah proses stres oksidatif. Proses ini yang menjadi salah satu penyebab radang pada sendi.

Walaupun digadang-gadang berguna untuk meringankan rasa sakit pada osteoartritis, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Baca juga: Ini Cara Alami Atasi Nyeri Sendi

7. Membantu Mengelola Diabetes

retinopati diabetik komplikasi diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan tapi dapat dikendalikan. Seorang diabetesi harus mengelola kadar gula darahnya supaya tetap normal. 

Nah, tahukah, Fams, jika vitamin E ternyata dapat bermanfaat dalam mengendalikan diabetes? Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Diabetes Care, menyebutkan bahwa diabetesi yang mengonsumsi suplemen vitamin E rutin, memiliki kadar gula yang lebih terkendali. 

Penelitian ini juga menjelaskan bahwa vitamin E mampu meningkatkan kerja mampu meningkatkan kerja hormon insulin di dalam tubuh. Hormon insulin adalah hormon yang berfungsi mengubah kadar gula darah menjadi energi. 

Jadi semakin baik dan efektif kerja hormon insulin, kadar gula darah akan tetap dalam jumlah normal. 

Namun, jika Anda memiliki diabetes, pastikan untuk konsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen tertentu.

8. Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit

ketahui urutan yang benar dalam melakukan perawatan kulit pada malam hari

 

Jangan sampai tubuh kekurangan vitamin E. Pasalnya, vitamin E punya manfaat penting bagi kecantikan. Salah satu kegunaan vitamin E yang utama bagi kulit adalah mempercepat penyembuhan luka. 

Tak hanya diunggulkan dalam produk penyembuhan luka, vitamin E juga digadang-gadang dapat melindungi tubuh dari sinar UV. 

Bahkan banyak produk kecantikan yang mengandung vitamin E yang ditujukan untuk mencegah penuaan dini dan menghilangkan kerutan kulit. 

Untuk membuat kulit semakin sehat dan bebas kerutan, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung vitamin E, misalnya Blackmores Vitamin E Cream. 

Namun, jika kulit Anda sensitif, pastikan untuk konsultasi dulu ke dokter spesialis kulit sebelum menggunakan produk tertentu. 

Baca juga: 6 Manfaat Antioksidan yang Menakjubkan untuk Kulit

Supaya mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda sebaiknya mengonsumsi sumber vitamin E dengan rutin. Umumnya, vitamin E didapatkan dari minyak sayur. 

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen dan multivitamin yang mengandung vitamin E agar kebutuhan gizi harian terpenuhi dengan baik. Salah satu vitamin E yang bisa Anda andalkan adalah Blackmores Natural E 250 atau Prove E

Anda juga bisa minum beragam multivitamin lainnya yang terdapat vitamin E di dalamnya. Pastikan untuk memilih dan mencari suplemen yang cocok untuk kebutuhan Anda, ya, Fams. 

 

Artikel dicek oleh: dr. Isman Sandira

Penulis: Cindy Regina | Editor: Nimas Mita

 

Sumber: