Manfaat Sayur Hijau untuk Kecerdasan Anak


Manfaat Sayur Hijau untuk Kecerdasan Anak

Manfaat Sayur Hijau untuk Kecerdasan Anak

Ayah dan Bunda, tularkan kebiasaan untuk mengonsumsi sayuran hijau sedari dini kepada anak ya, karena manfaat sayur sangat banyak untuknya. Selain baik untuk kesehatan tubuh si kecil, sayur hijau ternyata turut menunjang fungsi otaknya. Berikut penjabarannya.

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata orang Amerika paling jarang mengonsumsi sayuran berwarna hijau dibandingkan dengan sayuran berwarna lainnya. Padahal, sayuran ini telah terbukti memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang paling besar bagi kesehatan tubuh dan otak, lho. Di Indonesia sendiri, hingga kini belum ada penelitian yang dipublikasikan mengenai jumlah konsumsi sayuran hijau, terutama oleh anak-anak. Walaupun, kesadaran akan pentingnya konsumsi sayur terus meningkat, terbukti dengan munculnya tren komunitas makan sayur, bisnis green juice, dan lain sebagainya.

 

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin (A, C, E dan K), serta mineral dan berbagai substansi penting lainnya. Tahukah Anda, beberapa jenis sayuran hijau, misalnya bayam, kangkung, kubis, kale, dan lainnya, ternyata memiliki kandungan vitamin B6, B12, dan folat yang sangat baik dan diperlukan oleh otak untuk menekan kadar homocystein yang dapat mengakibatkan pikun, bahkan Alzheimer. Sayuran hijau juga baik untuk kecerdasan otak, karena memiliki kandungan iron yang tinggi. Bila Anda kekurangan asupan iron, maka fungsi kognitif pun turut melemah. Dengan kata lain, konsumsi sayuran akan meningkatkan fungsi dan kerja otak, membuat otak tajam dan tidak mudah mengalami kepikunan.

 

Nah, itulah sebabnya anak perlu dibiasakan mengonsumsi sayuran hijau sejak usia dini, agar tumbuh-kembang otaknya mendapatkan nutrisi secara optimal. Ada berbagai cara agar anak menjadi gemar dan lahap makan sayur hijau, misalnya:

Kombinasikan sayuran hijau, meskipun dalam jumlah sedikit, ke dalam makanan si kecil. Misalnya, Anda bisa membuatkannya sarapan nasi goreng dengan lauk favorit dan potongan sawi, atau frittata yang diisi dengan kentang dan bayam. Dengan begitu, rasa sayuran yang biasanya hambar atau pahit akan ‘tertutupi’ oleh campuran bahan lain.

 

Sebagai variasi minuman, buatkan si kecil green smoothies sederhana, misalnya dengan bahan: buah nanas, apel, dan bayam, atau pisang, bayam dan madu, sehingga rasanya lebih manis dan cocok di lidahnya. Anak yang biasanya tidak doyan sayuran biasanya menyukai rasa segar dan manis yang didapat dari campuran buah, jadi rajinlah bereksperimen, ya.

 

Jika perlu, bekali dia jus sayuran yang terbuat dari 100% sayur, misalnya Tipco Broccoli dan Tipco Mixed Veggie dari Kalbe. Dalam kemasan 200 ml dan 1 liter ini, terkandung banyak sekali manfaat sayur yang dibutuhkan si kecil. Itu karena, Tipco terbuat dari sayur-sayuran alami dengan rasa yang pas di lidah si kecil, serta aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

 

 

Salam,

KALBE Store