Manfaat Sarapan Sereal bagi Kesehatan

Manfaat Sarapan Sereal bagi Kesehatan

Siapa di antara Anda yang suka melewatkan sarapan? Duh, jangan lagi deh ya. Sarapan itu sangat penting untuk memberikan energi lebih dalam memulai kegiatan sehari-hari. Sarapan juga menyegarkan otak agar Anda bisa lebih konsentrasi dalam beraktivitas.

 

Melewatkan sarapan juga bisa berakibat buruk bagi tubuh Anda lho. Beberapa dampak buruk akibat tidak sarapan di antaranya penurunan metabolisme tubuh, berat badan cenderung bertambah, bahkan menimbulkan penyakit jantung. Untuk itu, ada beberapa pilihan menu yang dapat menjadi rekomendasi sarapan Anda. Salah satunya adalah sarapan sereal.

 

Serealia atau biji-bijian merupakan sekelompok tanaman yang ditanam untuk dimanfaatkan biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Anggota sereal yang paling dikenal sebagai serealia utama dan memiliki nilai ekonomi tinggi adalah padi, jagung, gandum, dan jelai. Biasanya oat atau gandum ini-lah yang sering digunakan produsen makanan sebagai bahan membuat sereal.

 

 

sarapan sereal bermanfaat bagi kesehatan

 

 

Karbohidrat yang diberikan sereal juga penting bagi tubuh Anda. Tidak hanya sebagai sumber energi, karbohidrat juga membantu menjaga massa otot. Lebih lanjut, karbohidrat juga berguna dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung Anda.

 

Sereal terbilang sebagai menu sarapan yang praktis. Sebab pembuatannya yang cukup mudah. Anda bisa menggunakan air, susu, atau yoghurt sebagai bahan campuran sereal. Sarapan sereal ini juga mungkin menjadi andalan bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk menyiapkan sarapan. Bahkan ada juga sereal yang dikemas dalam bentuk minuman seperti Entrasol Quick Start.

 

Manfaat sarapan sereal

 

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, konsumsi sereal sebagai sarapan sangat direkomendasikan. Tidak hanya itu, sereal juga memiliki berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan Anda. Berikut ini merupakan manfaat yang didapatkan tubuh Anda melalui sarapan sereal.

1. Meningkatkan energi tubuh

 

Sarapan sereal dapat memberikan energi tubuh yang lebih baik karena kaya akan kalori dan sumber energi. Konsumsi sereal yang berbahan dasar gandum saat pagi hari juga membantu Anda tetap terjaga, penuh semangat, dan dapat bekerja keras selama satu hari.

 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

 

Sarapan sereal setiap pagi dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain menyehatkan, sereal mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan dengan baik sehingga memperkecil risiko terkena penyakit. Semua manfaat ini merupakan bantuan dari serat yang disumbangkan oleh sereal sebesar 8-12% dari kebutuhan serat per hari.  Ada juga prebiotik yang membantu pencernaan Anda menjadi lancar.

 

3. Menurunkan kadar kolesterol

 

Bagi Anda yang mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, disarankan untuk mengonsumsi sereal. Sebab sereal mampu menurunkan kolesterol melalui kinerja serat larut. Kandungan serat pada sereal juga membantu dalam menjaga kadar gula darah karena menurunkan sekresi glukosa.

 

4. Menjaga berat badan

 

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapat dari sarapan sereal adalah tidak akan membuat Anda menjadi gemuk. Sebab kandungan serat dalam sereal membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang cukup lama sehingga mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan. Beberapa penelitian menambahkan konsumsi sereal dapat menurunkan risiko gangguan mood seperti stress, kecemasan, dan depresi.

 

5. Mencegah penyakit jantung koroner

 

Penangan kadar kolesterol juga berdampak pada kesehatan jantung. Sehingga mengonsumsi sereal senantiasa dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Hal tersebut dikarenakan konsumsi sereal secara rutin yang dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 19-30%.

 

 

sarapan sereal praktis dengan Entrasol Quick Start

 

 

Dari banyaknya manfaat sarapan sereal, semoga dapat memicu Anda menyempatkan diri untuk sarapan ya. Jika masih kesulitan juga, Anda dapat mengonsumsi Entrasol Quick Start sebagai sarapan. Dengan formula Hi-Calcium, Hi-Fiber, dan Hi-Vitamin D, minuman serelia ini dapat menjaga kesehatan tulang dan saluran cerna Anda. Entrasol Quick Start terbuat dari oat yang sehat dan chia seed yang cocok bagi Anda yang ingin menjalankan pola hidup sehat setiap hari. Yuk segera mulai hari Anda dengan sarapan Entrasol Quick Start!

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com

Fimela.com

Liputan6.com