Manfaat Minum Susu untuk Lansia

Manfaat Minum Susu untuk Lansia

Minum susu adalah hal yang biasa dilakukan oleh balita, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya anak-anak saja yang disarankan untuk minum susu, tetapi juga lansia. Lansia sangat disarankan untuk mengonsumsi susu agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

 

Tak hanya untuk pemenuhan nutrisi, susu juga sangat dibutuhkan lansia untuk menjaga kesehatannya. Berikut ini keuntungan membiasakan minum susu untuk lansia.

 

Tulang Sehat

Susu dan produk olahan susu adalah penyedia kalsium, fosfor, dan magnesium yang paling besar. Masing-masing zat esensial ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi susu  sepanjang hidup dapat membantu membuat tulang kuat dan memproteksinya dari berbagai penyakit, seperti osteoporosis (tulang keropos).

 

Gigi Sehat

Zat Kalsium dan fosfor yang ada pada susu sangat baik untuk perkembangan dan menjaga kesehatan gigi. Dengan minum susu sehari 2 kali, gigi Anda akan terlindungi dari ancaman kerusakan gigi akibat asam mulut.

 

Obesitas

Mereka yang mengonsumsi susu dan makanan olahan susu bisa mempertahankan bentuk tubuh ideal. Minum susu dan memakan produk olahan susu sebagai bagian dari diet dengan kalori terkontrol mampu mengurangi berat badan, terutama di sekitar perut. Ternyata mitos yang mengatakan minum susu membuat tubuh gemuk tak benar adanya, asal mengonsumsi susu dalam jumlah yang wajar dan ideal.

 

Mencegah Diabetes Tipe 2

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu rendah lemak secara rutin bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tipe 2 saat ini sudah banyak diderita oleh lansia.

 

Minum susu less sugar dengan jumlah tepat dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Hubungan antara susu dan menurunnya risiko diabetes tipe 2 adalah karena adanya kandungan kalsium dan magnesium pada susu. susu memiliki indeks glikemik yang rendah, yang artinya bisa mengontrol level gula darah dalam tubuh.

 

Minum Susu Sebagai Kebiasaan Sehat

Di masa tua, seseorang akan mudah terserang rasa lapar. Mengonsumsi susu merupakan cara yang paling tepat untuk memuaskan rasa lapar, sekaligus mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang tepat sebagai asupan energi.

 

Mengonsumsi susu adalah cara termudah untuk memenuhi kebutuhan gizi di usia lansia. Karena pada usia ini organ tubuh sudah mulai menurun kinerjanya dalam memproses zat-zat yang dibutuhkan tubuh sehingga membutuhkan asupan zat besi dan zinc untuk kekuatan tulang agar terhindar dari osteoforosis.

 

 

 

Salam,

KALBE Store