Manfaat Merawat Tanaman di Dalam Rumah


Manfaat Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Manfaat Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Pembatasan Sosial Berskala Besar di Ibukota Jakarta, membuat Anda harus menghabiskan akhir pekan di rumah saja. Walaupun di rumah, ada beberapa kegiatan positif yang dapat meningkatkan produktivitas Anda lho Fams. Misalnya saja dengan berkebun.

 

Pada masa sekarang ini, berkebun dapat Anda lakukan tanpa harus memiliki halaman. Sebab nyatanya berkebun dapat dilakukan di dalam rumah, apartemen, hingga di kantor. Bahkan kegiatan berkebun di dalam rumah menjadi tren di masyarakat urban yang dilakukan sebagai hobi atau dekorasi ruangan.

 

Memang untuk berkebun di dalam rumah Anda harus memilih jenis tanamannya. Karena tidak semua tanaman bisa bertahan hidup jika ditanam di luar ruangan. Tetapi beberapa jenis tanaman malah bagus ditanam di dalam ruangan karena manfaatnya. Misalnya seperti tanaman spider plant (Chlorophytum comosum), dracaena, anthurium, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menanam tanaman di dalam rumah.

1. Menghias ruangan

 

tanaman di dalam rumah sebagai dekorasi

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berkebun di dalam rumah dapat menghias ruangan. Sebab tanaman di dalam ruangan akan memberikan warna tambahan serta merubah aspek lingkungan dengan cara yang menyenangkan. Sehingga secara tidak langsung memberikan rasa nyaman bagi orang-orang yang berada dalam ruangan dengan tanaman. Anda bisa memilih tanaman yang cantik seperti Monstera, Philodendron, dan Lili Paris. Atau pilih wadah yang menarik dan unik agar menambah nilai estetika ruangan. Misalnya seperti vas khusus bergaya vintage, pot gantung, atau dari barang-barang bekas seperti bohlam lampu.

 

2. Memperbaiki kualitas udara

Dalam beberapa penelitian, meletakkan tanaman di dalam ruangan dapat menghilangkan racun di udara. Selain itu tanaman di dalam ruangan dapat menjaga kelembapan udara yang melindungi Anda dari masalah pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan. Kemampuan ini tergantung pada jenis tanaman, ukuran tanaman, hingga besarnya ruangan. Sebagai referensi, Anda dapat memilih tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria yang dipercaya dapatĀ  menyerap polutan dalam udara serta radiasi dari barang-barang elektronik di dalam ruangan.

 

3. Menyehatkan fisik dan mental

Memelihara tanaman akan melepaskan stres Anda. Apalagi bagi Anda yang mengalami sick building syndrome atau gangguan kesehatan berupa pusing dan masalah pernapasan. Sick building syndrome biasanya dialami oleh pekerja kantoran karena lingkungan kantor yang kurang kondusif, seperti ventilasi yang buruk hingga efek AC. Meletakkan tanaman tertentu di dalam kamar juga dapat memperbaiki kualitas tidur Anda lho.

 

4. Memberikan kepuasan dan kebahagiaan

 

menanam tanaman di dalam rumah dapat memberikan kebahagiaan

 

Dalam studi lain, merawat tanaman di dalam ruangan dapat meningkatkan kualitas hidup. Sebab seseorang yang merawat tanaman akan merasakan kepuasan tersendiri dalam merawat tanaman. Apalagi jika Anda mampu memelihara tanaman dengan baik bahkan membuahkan hasil seperti berbunga.

 

5. Menambah aktivitas selama di rumah

Kalau Anda tipe orang yang suka menghabiskan akhir pekan dengan berbagai macam di luar, bercocok tanam di dalam rumah bisa menjadi kegiatan alternatif selama PSBB. Jadi Anda tetap bisa produktif walaupun di rumah saja. Jadi Anda bisa membagi waktu untuk bersantai sambil menikmati Fitbar, lalu kemudian merawat tanaman di dalam rumah.

 

temani kegiatan cocok tanam di rumah dengan Fitbar

 

Bagaimana Fams? Tertarik untuk bercocok tanam di dalam rumah selama PSBB? Yuk tetap ikuti artikel KALCare untuk mendapatkan berbagai informasi menarik mengenai kesehatan, keluarga, gaya hidup, resep, kecantikan, dan ragam. Jangan lupa juga untuk belanja produk kesehatan keluarga seperti camilan sehat Fitbar hanya di sini dan tetap menerapkan pola hidup sehat dalam mencegah penyebaran covid-19.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://womantalk.com/lifehack/articles/manfaat-merawat-tanaman-dalam-ruangan-y9Zmj