Manfaat Mengonsumsi Sayuran Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mengonsumsi Sayuran Bagi Ibu Hamil

Makan makanan sehat sudah menjadi salah satu rutinitas wajib bagi ibu hamil. Demi memenuhi kebutuhan ibu dan janin, makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan nutrisi keduanya. Di sinilah awal mula istilah makan untuk dua orang bermula. Selama masa kehamilan ini jugalah, konsumsi susu ibu hamil mulai digalakkan. Namun dari beberapa sumber makanan yang ada, sayuran tetap menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat penting. Itulah kenapa sayuran harus selalu ada dalam menu harian ibu hamil. Sayur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Beberapa diantaranya adalah.

 

Membantu Mencegah Diabetes

Beberapa jenis sayuran seperti kangkung tak hanya kaya akan vitamin dan mineral saja. Menurut penelitian, sayuran yang satu ini juga mampu mencegah diabetes. Sayangnya, mitos bahwa kangkung bisa menyebabkan varises masih membatasi sebagian ibu hamil untuk mengonsumsinya. Padahal peneliti sendiri sudah membantah hal tersebut dan tidak menemukan keterkaitan antara mengonsumsi sayur kangkung dengan varises.

 

Membantu Persiapan Menyusui

Sayur gambas atau oyong memiliki manfaat yang tak kalah penting bagi ibu hamil. Salah satunya adalah membantu persiapan masa menyusui. Mengonsumsi air hasil panggangan gambas bisa membantu meningkatkan produksi ASI nantinya. Tentu saja, ini juga bisa menjadi solusi alternatif untuk Anda yang sulit mengonsumsi susu ibu hamil.

 

Mencegah Komplikasi pada Janin

Sayuran yang mengandung vitamin C dan folat bisa membantu mencegah komplikasi janin pada ibu hamil. Salah satu contoh sayur yang baik untuk hal ini adalah selada. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan sayuran yang satu ini juga baik untuk menjaga kesehatan reproduksi.

 

Ada begitu banyak manfaat sayuran yang bisa diperoleh oleh ibu hamil. Kandungan serat dalam sayur juga membantu mengatasi sembelit. Mengonsumsinya secara teratur tentu akan berdampak besar pada kesehatan ibu dan janin. Itulah kenapa sayur harus selalu ada dalam menu harian ibu hamil. Hanya saja, ada kalanya mengonsumsi sayur saja tidak cukup. Di sinilah peran makanan lain seperti daging, ikan, kacang-kacangan dan makanan lainnya. Ditambah dengan susu ibu hamil, kebutuhan nutrisi harian akan lebih mudah terpenuhi. Tapi kalau harus memilih, susu apa yang baik dan memiliki gizi seimbang? Untuk yang satu ini, susu Prenagen adalah salah satu jawabannya.

 

 

 

Salam,

KALCare