Manfaat Mandi Hujan Bagi Anak

Manfaat Mandi Hujan Bagi Anak

Menjelang akhir tahun, sebagian besar daerah di Indonesia mengalami musim hujan. Tentu dengan perubahan cuaca ini, membuat Anda perlu melakukan antisipasi. Sebab biasanya pada musim hujan penyebaran kuman serta virus menjadi lebih banyak dan cepat sehingga mudah terserang penyakit. Maka tidak heran banyak orang tua yang membatasi anak bermain di luar saat musim hujan.

 

Tetapi perlu Anda tahu, ternyata memberi kebebasan anak untuk bermain di luar ruangan, terutama saat musim hujan memberikan manfaat lho. Bahkan adanya manfaat dari kegiatan main atau mandi hujan juga disetujui oleh dokter dan psikolog anak. Apalagi jika orang tua hanya memperbolehkan anak bermain di rumah atau di sekolah saja, maka berarti anak dibatasi untuk melakukan eksplorasi dan aktivitas motorik. Nah, berikut ini merupakan manfaat yang didapatkan anak saat mandi hujan.

 

1. Menyukai alam

 

 

 

mandi hujan akan membuat anak belajar menyatu dengan alam

 

 

 

Menurut Free Forest School, anak yang terbiasa beraktivitas di alam terbuka memiliki hubungan yang kuat dengan alam sekitarnya. Maka anak yang mandi hujan akan lebih berani melakukan eksplorasi hal-hal yang baru. Misalnya mempelajari daun serta tanah yang basah, dan melihat binatang yang keluar saat musim hujan seperti siput.

 

2. Melatih keseimbangan

 

Bermain hujan akan membuat anak memiliki tingkat keseimbangan yang lebih tinggi dibanding anak yang lainnya. Sebab saat bermain hujan, anak akan terbiasa melangkah pada jalur yang licin karena hujan membuat basah lingkungan sekitarnya. Si Kecil akan menguji jalur yang licin sebelum melanjutkan untuk menginjak atau melangkah. Kondisi ini akan melatih anak dalam mengambil keputusan dalam setiap aktivitas yang hendak dilakukannya.

 

3. Menajamkan indera

 

Indera perlu dilatih sejak dini. Tujuannya agar anak dapat mengenali dan beradaptasi dengan bermacam situasi yang akan dihadapi. Membiarkan anak mandi hujan merupakan salah satu cara untuk menajamkan indera. Si kecil akan mengenali aroma hujan dan tanah, bunyi hujan, lalu reaksi awan serta hewan sekitar saat hujan turun. Dengan mempelajari itu semua, anak akan memiliki tingkat kepekaan dan empati yang tinggi untuk ilmu dalam kehidupannya kelak.

 

4. Belajar mengenai sains

 

Saat awal memberi izin bermain hujan, tidak ada salahnya juga Anda ikut mendampingi. Bahkan, Anda pun bisa memberikan edukasi sains kepada Si kecil yang berkaitan dengan air hujan. Misalnya dengan menjelaskan proses terjadinya hujan, perbedaan intensitas hujan, pelangi, dan reaksi alam saat terkena hujan. Dengan begitu, anak tidak hanya sekadar bermain, tetapi juga mendapat pengetahuan baru yang bisa diterapkan di sekolah. Anda juga bisa melakukan eksperimen kecil-kecilan bersama Si Kecil. Misalnya memberi wadah yang berbeda dan memintanya mengisi dengan air hujan. Dengan begitu anak akan tahu bahwa air selalu mengikuti bentuk dari wadahnya.

 

5. Melatih tanggung jawab

 

Saat mengetahui tanda-tanda menjelang hujan, Anda tentu akan menyelamatkan benda yang dapat rusak jika terkena air, misalnya saja baju yang dijemur. Tentu hujan akan membuat baju yang sudah dicuci kembali basah bahkan menjadi kotor. Nah, Anda bisa mengajak buah hati untuk membantu mengangkat jemuran. Sehingga anak dapat belajar untuk membantu orang lain serta bertanggung jawab atas barang pribadinya sendiri. Setelah bermain hujan, anak juga bisa dilatih untuk meletakkan perlengkapan yang telah digunakannya seperti jas hujan, baju, atau sepatu pada tempatnya.

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah anak mandi hujan

 

Walaupun memberikan manfaat, bukan berarti Anda bisa selalu memberi izin anak untuk selalu bermain hujan. Anda perlu mengetahui kondisi fisik anak. Jika anak terlihat sakit, sebaiknya jangan diizinkan untuk main hujan. Batasi juga waktu anak bermain hujan, dengan maksimal 1 jam.

 

Setelah anak bermain hujan, Anda perlu memandikannya dengan air hangat. Mandi dengan air hangat akan membantu agar kelembapan tidak meresap hingga ke paru-paru. Selain itu air hangat akan membantu mengembalikan suhu tubuh agar kembali normal. Anda juga bisa menambahkan garam pada air hangat untuk mencegah timbulnya infeksi yang dibawa oleh bakteri dari air hujan.

 

Selanjutnya, pastikan anak untuk selalu mencuci tangan dan kaki hingga bersih. Pastikan anak membersihkan sela-sela jari, kuku, dan seluruh permukaan tangan dan kaki. Sebenarnya kebiasaan ini juga baik untuk diterapkan setiap hari tanpa harus dilakukan setelah anak bermain hujan.

 

Terakhir, berikan anak makanan atau minuman hangat setelah bermain hujan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memberikan susu Zee hangat kepada Si Kecil. Zee memiliki keunggulan Nutripro Complex Plus yang memberikan 9 Asam Amino Esensial. Perlu Anda tahu, Asam Amino Esensial merupakan protein khusus yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan, tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan Kolin, Kalsium, Vitamin dan Mineral yang tentunya menunjang perkembangan tubuh dan otak Si Kecil.

 

 

 

menyajikan susu Zee untuk menghangatkan dan menunjang anak tumbuh tinggi banyak akal

 

 

 

Sebagai toko kesehatan online, KALBE Store menjual susu formula terbaik dan susu pertumbuhan anak, termasuk Zee. Anda juga bisa menikmati promo susu formula anak terbaik dan susu pertumbuhan dari KALBE Store. Yuk mulai berbelanja susu Zee di sini.

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2), (3)