Ragam Manfaat Madu dalam Proses Penyembuhan Luka

Ragam Manfaat Madu dalam Proses Penyembuhan Luka

Apakah Anda tahu bahwa madu memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit? Katarak, penyakit dalam hingga penyakit kulit dapat diatasi dengan madu. Begitu pula dengan luka luar, termasuk luka bakar. Madu sendiri memang terkenal kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya terbilang cukup lengkap mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K. Selain itu, madu juga mengandung berbagai jenis enzim seperti enzim katalase yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Semua manfaat yang dimilikinya tak kalah dengan susu penyembuhan seperti susu Peptisol. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat madu dalam penyembuhan luka.

 

Membersihkan Luka

Luka yang tak segera dibersihkan sangat berisiko terkena infeksi. Membersihkannya dengan air memang sudah cukup. Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan yang juga mampu membunuh kuman seperti alkohol. Namun selain alkohol, madu juga memiliki fungsi serupa. Tak hanya itu saja, madu juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di sekitar area luka.

 

Mencegah Peradangan

Madu juga mampu mencegah peradangan dan pembengkakan pada luka. Cukup dengan mengoleskan madu pada luka, rasa sakit akan berkurang. Itu semua bisa terjadi karena madu mengandung osmolaritas yang dapat menyerap cairan serta memperbaiki sirkulasi udara pada luka. Inilah yang membuat luka menjadi cepat kering.

 

Sebagai Anti Bakteri

Madu mengandung hydrogen peroksida yang berperan penting dalam melindungi luka dari kuman dan bakteri. Sifat asamnya yang sangat rendah juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Satu hal lagi yang juga tidak kalah penting. Madu juga memiliki fungsi antioksidan. Fungsi inilah yang membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

 

Bagi Anda yang sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan madu untuk membantu masa pemulihan. Madu sendiri juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Padukan dengan susu tinggi protein seperti susu Peptisol. Selama masa penyembuhan, tubuh membutuhkan protein dalam jumlah yang lebih tinggi. Dengan bantuan susu Peptisol, luka yang dialami pun lebih cepat sembuh.

 

 

 

Salam,

KALBE Store