Ingin Hidup Lebih Sehat? Berikut Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Ingin Hidup Lebih Sehat? Berikut Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu merupakan salah satu hasil alam yang kaya akan manfaat. Madu dihasilkan oleh lebah yang sudah ada sejak dulu dan digunakan dalam berbagai makanan, minuman, dan obat-obatan.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Khasiat madu bagi kesehatan dapat dilihat dari kandungannya yang terdapat berbagai macam vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan. Madu banyak digunakan di negara Asia, seperti Sri Lanka, Nepal, dan Pakistan sebagai pengobatan tradisional.

 

Hingga saat ini, masih banyak peneliti yang terus berupaya untuk menemukan manfaat lain yang dimiliki madu. Berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan.

 

Baca juga: Cara Mudah Terapkan Pola Makan Sehat

 

  1. Madu Kaya Antioksidan

Madu mengandung sejumlah antioksidan seperti asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Antioksidan memiliki fungsi seperti penurunan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan kanker. Selain itu, zat ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

 

  1. Menurunkan Trigliserida Tinggi

Trigliserida yang tinggi dapat berisiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Satu penelitian di PubMed menunjukkan perbandingan saat mengonsumsi gula dan madu. ditemukan bahwa dari dua kelompok tersebut, kelompok yang mengonsumsi madu mengalami penurunan trigliserida 11-19 persen.

 

Hal ini menunjukkan bahwa madu dapat menurunkan kadar trigliserida, terutama bila digunakan sebagai pengganti gula.

 

  1. Meningkatkan Kolesterol HDL

Kadar kolesterol LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan lemak di arteri yang dapat memicu serangan jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. kolesterol HDL dikenal sebagai ‘kolesterol baik’ karena berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak pada arteri.

 

Satu penelitian yang dilakukan pada 55 orang untuk membandingkan konsumsi madu dan gula menemukan bahwa, madu dapat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. selain itu, madu juga dapat menurunkan berat badan.

 

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Madu dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab penyakit jantung. Hal ini karena, madu mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

 

  1. Antibakteri

Manfaat madu bagi kesehatan lainnya adalah sebagai antibakteri. Madu memiliki sifat antibakteri yang kuat, membuatnya sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati infeksi luka oleh bakteri yang resisten terhadap obat.

 

Madu juga dapat berfungsi sebagai antivirus. Anda dapat mengoleskan madu pada lesi kulit yang terinfeksi virus.

 

  1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Penggunaan madu setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Para ilmuwan telah menemukan bahwa madu memiliki kandungan vitamin dan zat besi dalam jumlah besar.

 

Penggunaan madu secara rutin dapat memperkuat sel darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus.

 

Baca juga: Vitamin yang Baik Untuk Meningkatkan Sistem Imun

 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dalam dosis besar setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes tipe 2. Namun, juga dapat meningkatkan Hemoglobin Glikat (HbA1c).

 

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dalam jumlah lebih sedikit setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes tipe 1.

 

nah , itulah beberapa manfaat madu bagi kesehatan. Ada begitu banyak kebaikan yang bisa Anda peroleh dari madu. Bahkan bisa dibilang, madu bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memang membutuhkan suplemen tambahan. Ingin sesuatu yang lebih? Anda juga bisa mencoba untuk mengonsumsi suplemen Blackmores.

 

Salam,

KALCare 

(NA)

 

Sumber:

  • Healthline. Diakses pada 6 Agustus 2021. 10 Surprising Health Benefits of Honey.
  • PubMed. Diakses pada 6 Agustus 2021. Differential responses to blood pressure and oxidative stress in streptozotocin-induced diabetic Wistar-Kyoto rats and spontaneously hypertensive rats: effects of antioxidant (honey) treatment.
  • PubMed. Diakses pada 6 Agustus 2021. Natural honey and cardiovascular risk factors; effects on blood glucose, cholesterol, triacylglycerol, CRP, and body weight compared with sucrose.
  • WebMD. Diakses pada 6 Agustus 2021. Honey.
  • Royal Society of Chemistry. Diakses pada 6 Agustus 2021. A comprehensive study of parameters correlated with honey health benefits.
  • Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. Diakses pada 6 Agustus 2021. Medicinal uses and health benefits of Honey: An Overview.
  • Journal of Apitherapy. Diakses pada 6 Agustus 2021. Health benefits and traditional uses of honey: A review
  • Healthline. Diakses pada 6 Agustus 2021. What’s the Difference Between HDL and LDL Cholesterol?
  • http://eprints.bmsu.ac.ir/27/