Manfaat Kesehatan dari Segenggam Kedelai

Manfaat Kesehatan dari Segenggam Kedelai

Jika Anda adalah seorang penggemar tahu atau tempe, maka berbahagialah, karena ternyata banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Ya, kedelai sebagai bahan bakunya ternyata memiliki banyak kegunaan bagi Anda yang mendambakan kesehatan, seorang vegetarian, sedang diet, ataupun memiliki penyakit, seperti diabetes. Tak heran jika kemudian kedelai disebut sebagai super food, karena kandungan fitonutrien yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

 

Apa saja sih manfaat kesehatan dari kacang kedelai ini? Berikut daftarnya:

 

  • Tingginya protein nabati yang terkandung di dalam kedelai, yaitu sekitar 40 persen, membuatnya dapat digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan protein hewani dalam menu diet. Ini karena, kedelai adalah satu-satunya bahan pangan nabati yang mengandung asam amino esensial, seperti yang terdapat dalam protein hewani.

 

  • Fitoestrogen pada kedelai, selain membantu perempuan mengatasi gejala menopause, juga dapat mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan resistensi insulin. Ini tentunya baik bagi penderita diabetes, selain karena karbohidrat kompleksnya yang memecah perlahan dalam tubuh, juga dapat membatasi dampaknya pada peningkatan gula darah. Kedelai pun mampu menurunkan jumlah protein pada urin, yang berarti mengurangi risiko kerusakan ginjal sebagai salah satu komplikasi yang umum dialami diabetesi.

 

  • Keuntungan lain jika Anda adalah penderita ataupun memiliki risiko diabetes tipe 2 adalah, dalam sebuah penelitian dari Korea, suplemen kedelai dapat membantu mengontrol glukosa darah.

 

  • Serat yang tinggi dalam kedelai juga berperan dalam mengatasi sembelit, menekan kolesterol tinggi, dan juga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kandungan protein, vitamin dan mineralnya juga membuat kedelai menjadi bahan favorit untuk diolah menjadi beragam makanan, seperti tempe yang merupakan sumber protein, mineral, dan vitamin B, serta tofu atau tahu yang merupakan sumber zat besi dan kalsium. Menurut Nutrition Research (2010), kedelai yang difermentasi bahkan lebih bermanfaat lagi bagi penderita diabetes tipe 2.

 

  • Nutrisi dalam kedelai juga baik bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat, karena rendah lemak, rendah kalori, namun tinggi protein diet. Selain itu, isoflavon pada kedelai juga dapat memerangi pengeroposan tulang.

 

  • Intoleransi laktosa atau ketidakmampuan tubuh memproduksi laktose, yang merupakan enzim pengubah gula susu (laktosa yang terdapat pada susu sapi) menjadi glukosa, dapat digantikan dengan┬ásusu kedelai yang sama-sama memiliki kandungan kalsium, vitamin D, dan vitamin B12 yang tinggi.

 

Ternyata, tidak perlu susah ya mendapatkan manfaat kesehatan dari kedelai, karena bahan makanan ini, dan produk olahannya, sama-sama mudah didapat. Semoga ini bisa terus mendorong kita untuk terus hidup sehat.

 

Salam,

KALBE e-Store