Manfaat Kesehatan dari Coklat

Manfaat Kesehatan dari Coklat

Bukan hanya rasanya yang enak, tetapi coklat ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tak percaya? Coba dong disimak penjelasannya di bawah ini.

 

Coklat mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti antioksidan, serat, magnesium, dan beberapa mineral lainnya. Konsumsi coklat dengan takaran yang tepat dapat membantu kita meminimalisir risiko berbagai penyakit, serta di saat yang bersamaan meningkatkan kesehatan tubuh. Nah, jadi apa saja sih kandungan dalam coklat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita? Berikut penjelasannya:

 

Coklat berasal dari biji kakao, yang merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik di dunia. Kandungan zat flavonoid atau flavanols di dalamnya membuat coklat memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu membentengi tubuh dari serangan radikal bebas.

 

Flavanoid yang terdapat pada coklat pahit (dark chocolate) dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan meningkatkan fungsi peredaran darah.

 

Dalam 100 gram coklat pahit, yang mengandung 70-80% kokoa, terkandung sedikitnya 11 gram serat, serta mineral seperti magnesium (58%), mangan (98%), dan tembaga (89%).

 

Coklat pahit juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A1, B1, C, D, dan E, serta dapat dicerna dengan mudah.

 

Dengan takaran yang pas, bubuk kokoa terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang teroksidasi, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada kaum pria. Di samping itu, dengan kandungan antioksidan yang kuat, bubuk kakao juga dapat melindungi lipoprotein terhadap kerusakan akibat oksidasi, sekaligus menjaga kesehatan jantung.

 

Coklat pahit dapat mengurangi perlawanan (resistensi) terhadap insulin, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung akibat diabetes.

 

Kandungan theobromine, kafein, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan, sehingga bisa digunakan sebagai obat anti depresi dan stres.

 

Sebuah studi menyebutkan bahwa, zat flavanoid pada kokoa dapat melancarkan aliran darah, serta melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

 

Banyak sekali bukan, manfaat kesehatan dari coklat? Sering kali terdapat pandangan bahwa, coklat hanya membawa lemak saja, dan akan selalu berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal, hal tersebut hanya dapat terjadi jika kita mengonsumsi coklat secara berlebihan. Layaknya semua hal lain, segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan tidaklah baik. Maka dari itu, batasilah konsumsi coklat maksimal 50 gram sehari, dan pilih jenis coklat pahit dengan kandungan kakao 70% ke atas.

 

 

 

Salam,

KALBE Store