Manfaat Kesehatan dari Buah Kiwi

Manfaat Kesehatan dari Buah Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau cerah nan menggoda ini ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan. Terkenal berasal dari New Zealand, dan dinamakan sama dengan burung yang menjadi simbol negara tersebut, buah kiwi merupakan bahan pangan padat gizi dengan nutrisi seperti serat, mineral, dan vitamin C yang tinggi, namun kalorinya rendah. Oleh karenanya, beragam manfaat kesehatan bisa didapat dari buah dengan rasa asam manis ini, diantaranya adalah:

 

– Kiwi dapat membuat kulit lebih cantik dengan cara menjaga kesehatan dan teksturnya, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko obesitas, dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

 

Buah ini kaya akan vitamin C yang memproduksi kolagen. Ini merupakan antioksidan penting yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat asap, polusi, maupun sinar matahari. Selain itu, kiwi juga dapat menghaluskan kerutan, serta meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan, di samping juga meningkatkan kekebalan tubuh. Kombinasi unik dari antioksidannya juga membantu melindungi DNA sel dari kerusakan, sehingga membantu mencegah kanker.

 

Kiwi dapat menurunkan tekanan darah, karena mengandung kalium yang membantu meniadakan efek natrium dalam tubuh. Selain itu, serat dan kalium dalam buah kiwi juga baik bagi kesehatan jantung, penurun risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

 

Sejumlah penelitian juga menyatakan bahwa, kiwi memiliki efek pencahar ringan, dan dapat digunakan sebagai suplemen makanan, terutama untuk para lansia yang mengalami sembelit. Ini karena, kiwi mengandung actinidain, yaitu enzim protein yang dapat membantu mencerna makanan.

 

Buah kiwi juga dapat mencegah munculnya gejala pernapasan, seperti asma atau sesak napas.

 

Kiwi baik untuk penderita diabetes dan mereka yang sedang menjalani program diet, karena indeks glikemik atau potensi peningkatan gula darah yang rendah, namun tinggi serat.

 

Studi yang diterbitkan dalam Archives of Opthamology menyatakan bahwa, mengkonsumsi buah sebanyak 3 kali sehari dapat menurunkan risiko degenerasi makula, yang merupakan penyebab terjadinya kehilangan fungsi penglihatan terkait dengan pertambahan usia. Nah, kiwi juga dapat membantu hal ini.

 

Bahkan, sebuah studi terkait kualitas tidur menyatakan bahwa, mengkonsumsi buah kiwi bisa mempercepat kantuk, sehingga efisien bagi orang dewasa, terutama yang memiliki gangguan tidur.

 

 

Jadi, dimakan langsung atau dicampurkan ke dalam hidangan dan kudapan, ya? Silahkan saja pilih cara konsumsinya. Yang terpenting, kita mendapatkan manfaat kesehatan buah kiwi yang segudang.

 

 

 

Salam,

KALBE Store