Manfaat Buah Wortel Ungu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Wortel Ungu untuk Kesehatan

Wortel ungu mungkin masih belum begitu populer di Indonesia, padahal manfaat buah ini untuk kesehatan tubuh jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan wortel biasa, lho. Mari berkenalan lebih jauh dengannya.

Wortel ungu cukup menarik perhatian, karena warnanya yang tak biasa. Pigmen ungu pada wortel ini didapat dari kandungan antioksidan yang disebut anthocyanin. Wortel jenis ini memiliki rasa lebih manis dibandingkan wortel yang berwarna oranye, serta dapat memberikan kesan yang cerah dan tak biasa pada meja makan Anda. Lalu, apa manfaat buah ungu ini untuk kesehatan kita?

 

Anti kanker hingga diabetes. Kandungan anthocyanin dalam wortel ungu dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel, sehingga mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit, mulai dari kolesterol tinggi, penyakit jantung, hingga kanker. Seperti yang ditulis dalam “Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition”, anthocyanin dalam wortel ungu juga dapat melawan efek diabetes, plus memulihkan kolagen, membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat, serta melancarkan peredaran darah.

 

Bila dimasak, wortel ungu akan mengandung lebih banyak vitamin A, B6, kalium, asam folat dan magnesium. Merebus wortel ungu secara utuh tanpa memotong-motongnya akan meningkatkan kandungan anti-kanker hingga 25%, plus membantu menjaga kandungan antioksidan dan beta karotennya. Namun, jika ingin mendapatkan vitamin C, Anda bisa mengonsumsinya dalam kondisi mentah, karena wortel yang matang biasanya kehilangan sebagian vitamin C dari proses memasak.   Memelihara saluran pencernaan.

 

Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, dan membantu tubuh menyerap nutrisi yang penting. Wortel ungu mengandung serat yang larut dalam air, sehingga dapat membantu menurunkan glukosa dan kolesterol darah. Untuk diet yang sehat, seorang pria dewasa membutuhkan 38 gram serat, sementara wanita membutuhkan 25 gram serat dalam sehari. Nah, sebatang wortel ungu berukuran 1 ons  dapat menyediakan 8 gram serat.   Baik untuk pola diet sehat.

 

Wortel ungu juga baik dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalani pola diet sehat, karena kandungan kalorinya rendah. Menurut American Dietic Association, segelas wortel ungu dalam bentuk stik hanya mengandung 25 kalori dan 5 gram karbohidrat. Jadi, Anda bisa mengonsumsi wortel ungu sebagai camilan sehat tanpa rasa bersalah.

 

Anda yang tertarik mengonsumsi wortel ungu dapat mengolahnya dengan cara dipanggang bersama dengan wortel oranye, dijadikan puree, campuran salad, bahkan sebagai bahan cupcakes. Selain itu, Anda juga bisa menikmati manfaat buah ungu ini dalam bentuk jus Tipco Purple Carrot dari Kalbe, yang dibuat dari 100% wortel ungu alami. Selain praktis, enak dan bernutrisi, Tipco Purple Carrot juga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

 

 

Salam,

KALBE Store