Segudang Manfaat Buah Pome Untuk Kecantikan Kulit

Segudang Manfaat Buah Pome Untuk Kecantikan Kulit

Buah cantik berwarna jingga cerah, Punica granatum atau yang lazim disebut pomegranate (buah pome) atau buah delima merah, ternyata memiliki manfaat buah yang besar. Sejak jaman dahulu kala, tulisan-tulisan dan artefak dari berbagai agama dan budaya telah menyebut buah pome sebagai buah yang kaya akan antioksidan dan nutrisi, bahkan beberapa memberinya predikat sebagai simbol kesehatan dan kesuburan.

Biji buah pome yang serupa batu mulia ruby ternyata juga dapat mempercantik kulit, lho. Namun, seringkali kita malas mengkonsumsinya, karena bentuk biji-bijinya yang kecil membuat kita kerap kerepotan menyantapnya. Olahan pome dalam bentuk sari buah atau jus adalah cara terbaik mengkonsumsinya tanpa menghilangkan manfaat buah itu sendiri.

Segelas jus pome dapat menyediakan 40 persen kebutuhan harian asam folat dan vitamin A, C, dan E, serta mengandung jumlah antioksidan maksimum setara 3 kali teh hijau dan jeruk. Hebatnya, dengan mengkonsumsi secara rutin, kulit akan menjadi lebih sehat, dan dapat membuat kita nampak lebih muda dan bersemangat.

 

Baca juga: 5 Manfaat Buah Pomegranate untuk Ibu Hamil

 

Blake Ebersole, Direktur Teknis Verdure Sciences, dalam penelitiannya menemukan bahwa, buah pome mengandung zat bernama punicalagin yang baik digunakan dalam produk-produk kecantikan. Khasiat alaminya menghadirkan kecantikan alami, karena fungsi organ dan metabolisme tubuh bekerja secara tepat. Berikut ini beberapa manfaat jus buah pome bagi kulit:

 

Bermanfaat Untuk Anti Aging 

Ketika diterapkan pada kulit halus, antioksidan membantu mengurangi timbulnya bintik-bintik penuaan dan kerutan, meskipun tidak mencegahnya sepenuhnya. Efek tersebut diperkirakan dicapai melalui peningkatan regenerasi sel, yaitu pergantian kulit untuk menggantikan sel kulit mati atau sudah tua sehingga kulit menjadi sehat.

Kandungan antosianin dan tanin pada pome bekerja sebagai antioksidan dan anti tumor, sehingga dapat menghambat pertumbuhan kanker kulit.

 

Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Berkurangnya kerusakan akibat radikal bebas juga dapat menyebabkan berkurangnya peradangan pada kulit. Dengan demikian, antioksidan mungkin dapat mengurangi gejala kondisi kulit inflamasi tertentu seperti jerawat dan eksim.

 

Sebagai Anti Mikroba Kulit

Delima atau buah pome mengandung vitamin C. Vitamin c inilah mengandung antimikroba alami yang dapat membantu melawan jamur juga bakteri di kulit. Khususnya bakteri P. acnes yang merupakan penyebab jerawat.

 

Untuk Perlindungan UV

Antioksidan dalam buah delima atau pome juga dianggap membantu memberikan perlindungan alami terhadap sinar ultraviolet (UV), menurut beberapa penelitian. Bahkan, mampu menyembuhkan kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari secara terus-menerus.

 

Baca juga: 5 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

 

Sebagai Pengelupasan Kulit Alami

Jika mengonsumsi buah pome, akan terjadi pengelupasan kulit. Pengelupasan kulit inilah yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan dapatmengurangi tanda-tanda jerawat dan penuaan kulit. Diperkirakan bahwa manfaat ini terkait langsung dengan penggunaan biji buah delima yang sedikit dihancurkan.

 

Dapat Memperpanjang Usia 

Jus pome memperpanjang usia organ tubuh yang memproduksi kolagen dan elastin, yang dapat mengencangkan kulit, dan mencegah pembentukan garis-garis halus serta kerutan.

Pome juga cocok dikonsumsi untuk semua jenis kulit. Bagi pemilik kulit kering, pome memberikan kelembaban yang cukup. Sementara untuk kulit berminyak, jus pome dapat mencegah jerawat. Selain diminum, sebenarnya jus pome juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajar, lho.

 

Wah, ternyata banyak ya manfaat buah pome ini. Jadi tidak sabar untuk mengkonsumsinya. Nah, jika Anda ingin cara yang praktis, coba saja Original Love Juice Premium, yang salah satu variannya adalah Pomegranate. Disarikan dari buah alami, jus buah yang hadir dalam kemasan 2 liter ini mengandung banyak sekali manfaat buah di dalamnya, lho. Tertarik mencobanya?

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk minuman sehat Love Juice melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

Salam,

KALCare

(CRA)

 

Sumber:

  • Healthline. Diakses pada 2021. Pomegranate Benefits On Skin
  • Femina.in. Diakses pada 2021. Benefits of Pomegranate for Skin Hair and Health
  • Byrdie. Diakses pada 2021. The Skin Care Benefits of Pomegranates