Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu buah yang tak hanya enak di lidah, namun juga memiliki manfaat buah yang beragam adalah mangga. Nah, jelang akhir tahun adalah musim yang tepat bagi mangga untuk berbuah. Jadi, jangan sampai kita ketinggalan untuk mengambil manfaat buahnya, ya.

 

Mangga jenis apapun, baik mangga harum manis, mangga golek, mangga Indramayu, mangga manalagi maupun mangga jenis lainnya, semuanya bisa menjadi favorit, karena memang rasanya legit dan manis, sehingga sangat cocok untuk dibuat jus, atau dicampurkan ke dalam berbagai hidangan pencuci mulut.

 

Di balik itu semua, ternyata mangga juga mengandung banyak kebaikan. Satu buah mangga, selain mengandung kalori, juga mengandung vitamin C yang bisa berfungsi sebagai antioksidan dan penguat imun tubuh, serta vitamin A yang bagus untuk fungsi penglihatan. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang berperan dalam produksi hormon, dan mencegah kerusakan otak. Buah yang tergolong buah-buahan tropis ini juga mengandung serat probiotik sehat, tembaga yang penting bagi enzim dan produksi sel darah merah, serta kalium dan magnesium.

 

Melihat kandungannya yang sarat akan kebutuhan tubuh, mangga memiliki banyak manfaat buah seperti:

 

– Departemen Kesehatan Masyarakat di Harvard School mencatat bahwa, beta karoten dalam mangga mampu melawan kanker prostat, selain antioksidan di dalam buah mangga yang dapat melindungi tubuh terhadap leukimia, dan secara signifikan melindungi dari kanker usus dan kanker payudara.

 

– Salah satu manfaat buah mangga yang lainnya adalah mengontrol kolesterol, karena vitamin C, pektin, dan serat di dalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mangga segar juga merupakan sumber bahan pangan kaya kalium yang penting untuk mengatur detak jantung dan tekanan darah.

 

– Mangga memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang membantu tubuh merasa lebih kenyang. Seratnya juga meningkatkan fungsi pencernaan, dengan membakar kalori tambahan yang membantu dalam penurunan berat badan.

 

– Dalam pengobatan Cina, mangga digunakan untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

 

Selain itu, mangga juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, kesehatan kulit dan rambut, bahkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Salah satu cara terbaik untuk menikmati mangga adalah, dengan menikmatinya langsung dalam keadaan dingin. Buah yang bercitarasa manis-asam ini bisa menjadi camilan yang sehat bagi Anda. Selain itu, mangga juga sangat enak untuk dibuat dalam bentuk jus atau smoothies, dan dikombinasikan dengan buah lain, seperti nanas atau stroberi. Mencampur mangga ke dalam salad, dan dibuat es juga sering dilakukan. Intinya, diolah ke dalam bentuk apapun, jangan sampai Anda ketinggalan menikmati manfaat buah mangga, sebelum musim mangga berakhir, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store