Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Menentukan makanan yang tepat dan sehat untuk para ibu yang sedang menjalani proses kehamilan sangat penting sebagai nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada dalam kandungan.

Melakukan diet dengan makanan yang sehat dan bergizi berperan penting dalam kesehatan tubuh agar tetap aktif dan dapat memerangi segala penyakit.

 

Mengonsumsi sayur-sayuran, biji-bijian, protein, dan buah-buahan memiliki manfaat yang baik pada kehamilan. Buah-buahan tertentu seperti buah kiwi ternyata baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

 

Buah kiwi kaya akan nutrisi dan juga rendah kalori. Terdapat beberapa manfaat yang disediakan oleh buah kiwi untuk nutrisi ibu hamil. Berikut penjelasannya.

 

Baca juga: Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengalami Obesitas

 

Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

 

Pada awalnya, buah kiwi tumbuh secara liar di negara Cina. Namun, pada tahun 1904 di Selandia Baru, seorang guru sekolah memperkenalkan buah kiwi, yang dinamai berdasarkan nama burung nasional mereka.

 

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, buah kiwi juga menawarkan banyak manfaat bagi ibu dan janin. Buah ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan nutrisi lainnya. Berikut berbagai manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.

 

  1. Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin

Salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Asam folat adalah bagian penting dari perkembangan sel, dan membantu membentuk organ bayi. Ini juga dapat mencegah komplikasi seperti spina bifida dan keguguran.

 

Vitamin prenatal biasanya mengandung asam folat, tetapi jumlah asam folat yang ada pada kiwi dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan.

 

  1. Baik Untuk Pencernaan

Penyakit asam lambung dan gangguan buang air besar sering menjadi masalah umum bagi ibu hamil. Buah kiwi kaya akan serat yang dapat membantu proses buang air besar lebih mudah.

 

Buah ini juga kaya akan prebiotik yang membantu mengatur sistem pencernaan dengan memproduksi bakteri baik di usus.

 

  1. Mengatasi Masalah Kulit Saat Hamil

Saat kehamilan, kulit Anda mungkin akan meradang dan kemerahan akibat pertumbuhan jerawat.

 

Satu buah kiwi mengandung sebanyak 64 mg vitamin C, yang telah terbukti membantu meratakan warna kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

 

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain kaya akan vitamin C dan prebiotik, yang membantu mencegah pilek dan flu, kiwi juga mengandung fitokimia. Fitokimia melindungi DNA bayi dari kerusakan sekaligus mencegah bakteri dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan ibu hamil.

 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal yang ditawarkan kiwi, disarankan untuk mengonsumsi satu hingga tiga buah per hari.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Keluhan yang umum lainnya yang sering dialami oleh ibu hamil adalah kurang tidur. Hal ini seringkali disebabkan oleh sulitnya mendapatkan kenyamanan di tempat tidur dan harus sering bangun untuk buang air kecil.

 

Buah kiwi kaya akan serotonin, yang dikenal untuk mengatur suasana hati dan membantu mengatasi insomnia.

 

Baca juga: Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

 

Nah, itulah beberapa manfaat kiwi untuk ibu hamil. Bagi Anda yang sedang menjalani proses kehamilan, harus selalu berkonsultasi dengan dokter jika memiliki pertanyaan tentang makanan yang aman untuk dikonsumsi dan menyehatkan bagi sang ibu dan bayi dalam kandungan.

 

Tidak hanya buah-buahan saja, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi lain, seperti sayur-sayuran, protein, lemak sehat, dan lain sebagainya. Untuk membantu menyempurnakannya, Anda akan butuh susu hamil bergizi seimbang seperti Susu Prenagen.

 

Salam,

KALCare

(NA)

 

Sumber:

  • Medical News Today. Diakses Pada 19 Agustus 2021. What are the health benefits of kiwifruit?
  • Healthline. Diakses Pada 19 Agustus 2021. What Are the Benefits of Eating Kiwi Fruit During Pregnancy?
  • WebMD. Diakses Pada 19 Agustus 2021. Kiwi.
  • Healthy Pregnancy. Diakses Pada 19 Agustus 2021. The Health Benefits of Kiwi During Pregnancy.