Manfaat Berkebun Bagi Anak


Manfaat Berkebun Bagi Anak

Manfaat Berkebun Bagi Anak

Penerapan social distancing selama pandemi membuat masyarakat banyak melakukan kegiatan hanya dari rumah saja. Tidak terkecuali dengan anak-anak. Mungkin kegiatan harian yang dilakukan Si Kecil setiap hari kebanyakan belajar dan bermain. Untuk itu sebagai orang tua, Anda dapat memberikan aktivitas baru bagi Si Kecil seperti berkebun.

 

Berkebun merupakan aktivitas di luar ruangan yang bertujuan untuk mengenalkan proses menanam kepada anak. Berkebun juga sangat berguna untuk perkembangan moral, nilai-nilai agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, seni, sosial, dan emosional anak. Biasanya berkebun merupakan aktivitas yang disukai oleh anak-anak usia dini. Berikut merupakan manfaat rinci berkebun bagi anak-anak.

 

manfaat aktivitas berkebun bagi anak

 

1. Stimulasi perkembangan tubuh anak

Saat berkebun, semua indera anak akan terlibat. Mulai dari menyentuh tanaman, melihat warna tanaman yang beragam, hingga aroma dari tanaman atau udara. Penggunaan semua indera dapat membuat anak memahami konsep matematika dan saintifik dari berkebun.

 

2. Mendorong anak menyukai makanan sehat

Berkebun dapat meningkatkan keinginan anak untuk mengonsumsi makanan sehat. Hal ini bisa terjadi jika Anda bersama Si Kecil bersama-sama menanam sayuran atau buah. Dengan mengetahui proses serta berperan serta dalam pertumbuhan sayur atau buah yang ditanam, anak akan merasa bangga dengan hasilnya sehingga mau mengonsumsi makanan sehat.

 

3. Meningkatkan perkembangan motorik halus anak

Berkebun dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak seperti menanam benih, menggosok kotoran, dan menuangkan air. Secara tidak langsung kegiatan ini akan meningkatkan keterampilan akademik. Seperti menulis, memotong, atau menggunting.

 

4. Mengenalkan konsep ilmiah

Berkebun merupakan pengantar anak untuk mengenal dunia sains, khususnya botani, biologi, dan kimia. Anak akan belajar perubahan dan pertumbuhan tanaman, bahkan merasa ingin tahu mengenai proses selanjutnya. Si Kecil juga dapat belajar mengambil hipotesis serta memahami langkah-langkah dasar dari proses ilmiah.

 

5. Mempererat hubungan keluarga

Berkebun bersama keluarga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Sehingga Anda dapat mengajak anggota keluarga lain di rumah untuk mengerjakan projek bersama. Caranya dengan bekerja sama menanam benih, memberikan pupuk, dan menyiram tanaman.

6. Mengajarkan tanggung jawab

Aktivitas berkebun merupakan cara mudah bagi anak untuk belajar mengenai tanggung jawab. Hal ini karena anak harus belajar untuk merawat tanaman mulai dari menanam, menyiram dengan air, serta menyingkirkan hama. Anda bisa membantu Si Kecil dengan membuatkan jadwal harian merawat kebun untuk mengingatkan anak.

 

berkebun melatih anak bertanggunjawab untuk merawat tanaman yang ditanam

 

7. Pentingnya merawat lingkungan

Menjaga tanaman agar tetap hidup dan tumbuh akan membantu menyadarkan anak pentingnya merawat lingkungan. Si Kecil akan menyadari bahwa penting menjaga lingkungan tetap sehat untuk menghasilkan sumber pangan dari tumbuhan yang sehat. Orang tua juga dapat menjelaskan konsep-konsep lain terkait lingkungan seperti polusi atau pemanasan global.

 

8. Mengembangkan keterampilan matematika

Manfaat berkebun bagi anak selanjutnya adalah mengembangkan keterampilan matematika. Kemampuan ini bisa diajarkan misalnya menghitung biji atau mengukur kedalaman tanah. Atau anak juga dapat mengidentifikasi bentuk benda selama berkebun sebagai pengantar geometri.

 

9. Mengajarkan kesabaran

Pertumbuhan tanaman mulai dari bibit hingga berbuah akan membutuhkan waktu. Selama menunggu proses pertumbuhan tanaman inilah anak akan belajar untuk bersabar. Sebab dengan proses yang lambat inilah anak akan memahami bahwa untuk mendapatkan hasil tanaman yang baik diperlukan proses yang cukup panjang.

 

10. Meningkatkan kemampuan merancang dan mengatur

Terakhir, berkebun dapat menunjang kemampuan Si Kecil untuk merancang dan mengatur. Contohnya dengan anak akan paham bahwa tiap jenis tanaman memiliki cara perawatan serta durasi pertumbuhan yang berbeda. Tentu proses ini akan meningkatkan strategi anak yang dapat terbawa pada setiap aspek kehidupannya.

 

Banyak sekali ya manfaat berkebun bagi anak. Yuk Bunda bisa mulai lakukan aktivitas ini mulai sekarang. Untuk berkebun, Anda tidak memerlukan halaman rumah yang besar kok. Anda bisa memanfaatkan ruang terbuka pada rumah untuk menjadi kebun kecil keluarga. Jangan lupa, untuk mendukung manfaat dari berkebun, Anda juga memberikan Si Kecil susu Morinaga Chil Kid Platinum. Dengan formula Moricare Zigma, Morinaga Chil Kid Platinum mendukung anak tumbuh Cerdas Multitalenta, Perlindungan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal. Anda bisa mendapatkan Morinaga Chil Kid Platinum dengan mudah di sini.

 

dukung pertumbuhan Si Kecil yang aktif dengan Morinaga Chil Kid Platinum

 

Mari dukung aktivitas positif di rumah selama penyebaran covid-19. Termasuk aktivitas untuk beli susu formula terbaik & susu pertumbuhan anak online. Tidak hanya mudah karena bisa Anda lakukan dimanapun dan kapanpun, Anda juga berkesempatan mendapatkan promo susu formula anak terbaik & susu pertumbuhan anak hanya di KALCare.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20181101224045/Sepuluh-Manfaat-Berkebun-untuk-Anak