Manfaat Asam Folat bagi Kandungan


Manfaat Asam Folat bagi Kandungan

Manfaat Asam Folat bagi Kandungan

Manfaat asam folat tidak hanya dapat dirasakan oleh Anda yang sedang hamil, tetapi juga bagi Anda yang berencana untuk hamil. Mengapa demikian?

 

Salah satu manfaat asam folat adalah untuk mencegah terjadinya cacat atau kerusakan otak dan sistem saraf. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat melaporkan bahwa, wanita yang mengonsumsi asam folat sebelum mulai kehamilan dan selama trimester pertama kehamilannya, akan memiliki bayi dengan risiko kerusakan saraf yang 50-70% lebih rendah, dibandingkan bayi yang terlahir dari ibu yang tidak atau kurang banyak mengonsumsi asam folat selama kehamilannya. Selain itu, asam folat pun mampu mencegah terjadinya bibir sumbing, dan penyakit jantung pada bayi, lho.

 

Masih kurang yakin dengan manfaat asam folat? Penelitian yang dilakukan oleh Institut Kesehatan Publik di Norwegia melaporkan bahwa, hasil penelitian terhadap 8000 bayi di Norwegia antara tahun 2002-2008, menunjukkan bahwa asam folat mampu memberi perlindungan terhadap bayi atas gangguan Autism Spectrum Disorder (ASD). Hal ini terbukti dengan adanya penurunan drastis terhadap angka kejadian penyakit autisme bagi ibu dan bayi yang mengonsumsi asam folat selama dan sebelum kehamilan. Studi tersebut didukung oleh hasil studi lain dari University of California, yang juga mencari tahu kaitan antara asupan asam folat dengan angka kejadian autisme, dan sama-sama menunjukkan hasil yang menggembirakan. Selain itu, asam folat pun menjadikan anak terhindar dari risiko keterlambatan berkomunikasi pada usia tiga tahun.

 

Pada dasarnya, tubuh memerlukan asam folat untuk membuat sel darah merah, dan mencegah anemia. Selain itu, manfaat asam folat juga dapat memproduksi, memperbaiki dan memfungsikan DNA, sehingga tubuh mendapatkan asupan asam folat dengan benar. Hal ini sangat penting, terutama untuk perkembangan dan pertumbuhan plasenta dan janin. Bahkan, beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa, asam folat mampu mengurangi risiko pre-eclampsia, yaitu gangguan yang dapat membahayakan janin dan ibu selama masa kehamilan. Yuk, mulai konsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat sedari dini.

 

Salam,

KALBE e-Store