Manfaat Anak Ikut Lomba 17 Agustus

Manfaat Anak Ikut Lomba 17 Agustus

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tidak hanya diperingati dengan upacara bendera. Ada juga berbagai perlombaan yang diadakan untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan bangsa.

Lombanya pun beragam dan biasanya dapat diikuti oleh berbagai kalangan usia termasuk anak-anak.

 

Dari berbagai jenis perlombaan perayaan kemerdekaan, ada beberapa yang khas. Seperti lomba balap karung, makan kerupuk, memasukkan pensil, panjat pinang, dan masih banyak lagi. Lomba-lomba bagi anak-anak ini tidak hanya sekadar hiburan semata lho. Tetapi lomba pada peringatan Kemerdekaan RI memiliki manfaat baik bagi anak-anak seperti berikut ini.

 

 

lomba makan kerupuk perayaan HUT RI

Sumber: www.infopublik.id

 

 

1. Sosialisasi

 

Hadirnya permainan pada gawai tidak jarang membuat anak sulit untuk bersosialisasi. Untuk itu, Anda bisa membantu si buah hati dalam bersosialisasi melalui perlombaan 17-an. Di sini anak tidak hanya bertemu dengan teman sebaya, tetapi mereka akan berkenalan, berinteraksi, bahkan bekerja sama dalam perlombaan tertentu.

 

Misalnya seperti lomba tarik tambang yang mengharuskan anak melakukannya secara berkelompok. Permainan ini bisa melatih anak menjadi kompak dan menjalin persahabatan dengan teman di dalam tim. Si kecil juga akan belajar bagaimana cara menghargai pendapat orang lain dalam perlombaan. Kepercayaan diri anak juga akan dilatih dengan cara memunculkan keberaniannya dalam mengikuti perlombaan.

 

2. Aktivitas di luar ruangan

 

Perlombaan 17 Agustus biasanya dilakukan di lapangan atau ruang terbuka lainnya. Ternyata, aktivitas di luar ruangan ini memungkinkan anak banyak terkena paparan sinar matahari pagi yang bermanfaat. Sinar matahari ini memberikan vitamin D yang penting untuk perkembangan tubuh anak. Salah satunya adalah pertumbuhan tulang dan perkembangan sistem imun.

 

Walaupun sederhana, perlombaan 17 Agustus menjadi sarana buah hati untuk melatih kebugaran tubuhnya juga lho. Bahkan aktivitas fisik ini akan lebih mudah dilakukan karena anak merasa senang dalam melakukannya. Sehingga diharapkan anak akan lebih mudah untuk diajak berolahraga bersama pada kemudian hari.

 

3. Kompetisi dengan sportif

 

Walaupun tergolong sebagai aktivitas hiburan, perlombaan juga dapat melatih anak dalam berkompetisi. Pertama, Si kecil harus mendengar dan mengikuti berbagai instruksi serta peraturan lomba dari panitia. Selanjutnya, ia akan mengerti esensi dari perlombaan, yaitu adanya pihak yang menang dan kalah. Untuk hal ini, Anda perlu memberi keterangan bahwa menang atau kalah itu hal yang biasa.

 

Perlombaan juga melatih anak untuk menjadi sportif. Sehingga saat ia menang, jangan membuat anak menjadi sombong. Begitu juga sebaliknya. Jika ia kalah, jangan sampai berkecil hati. Buat anak menjadi pribadi yang sportif dan berlapang dada.

 

4. Nasionalisme

 

Poin ini merupakan hal yang penting dari perlombaan 17-an. Dengan mengikuti perlombaan kemerderkaan, Anda membantu anak untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Ceritakan filosofi di balik lomba-lomba tersebut. Misalnya lomba memindahkan bendera mengingatkan anak bahwa para pahlawan harus mengeluarkan segala upaya agar sang merah putih dapat berkibar. Atau perlunya kerjasama, persatuan, dan gotong royong dalam lomba tarik tambang.

 

5. Stimulasi kecerdasan, motorik, dan ketertiban

 

Lomba membawa kelereng dengan sendok atau memasukkan pensil ke dalam botol dapat melatih ketangkasan anak. Selain itu diperlukan adanya koordinasi motorik mata, tangan, dan kaki anak. Perlombaan juga membuat anak harus mengambil keputusan yang tepat. Sehingga melatih dalam menyusun skala prioritas, memecahkan masalah, dan negosiasi.

 

Terakhir, perlombaan melatih anak untuk menjadi tertib dengan cara mendengar peraturan, harus tepat waktu jika tidak ingin didiskualifikasi, hingga perlu mendaftar jika ingin mengikuti perlombaan. Ini bagus sebagai pembelajaran sosial yang nanti akan diterapkan dalam masyarakat.

 

Banyak sekali bukan manfaatnya? Sehingga sungguh sayang jika anak melewatkan momen perlombaan 17 Agustus. Biarkan anak untuk memilih lomba yang sesuai dengan usianya ya! Anda tidak perlu membatasi. Untuk mendukung ketangkasan anak dalam perlombaan 17 Agustus, Anda dapat menyediakan susu Zee Platinum. Sebab Zee mengandung Asam Amino Esensial untuk mendukung anak tumbuh dan berprestasi.

 

 

zee untuk mendukung anak mengikuti lomba 17 Agustus Zee Bar kudapan praktis untuk lomba 17-an

 

 

Susu Zee memiliki 3 varian rasa yang enak yaitu vanilla, strawberry, dan coklat. Zee juga hadir dalam bentuk energy bar, sehingga cocok dikonsumsi anak saat menjalani aktivitas di luar rumah dan tentunya lebih praktis. Segera dapatkan kedua produk Zee di sini untuk temani kegiatan harian si buah hati.

 

Salam,

KALBE Store

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com

Kumparan.com