Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Hamil muda adalah masa-masa yang penuh dilema. Meski ada kebahagiaan yang tak terkira, rasa was-was juga kerap menghantui para calon ibu muda. Hamil di usia muda bukanlah hal yang buruk. Selama bisa menjaga kondisi kesehatan, janin yang dikandung juga aman. Mengkonsumsi susu ibu hamil pun diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun selain itu, ibu hamil juga harus tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan, termasuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari. Inilah beberapa makanan yang harus dihindari saat masa kehamilan.

 

Minuman yang Mengandung Kafein

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum teh atau kopi, sebaiknya mulai mengurangi atau kalau bisa benar-benar menghindari minuman-minuman tersebut. Minuman berkafein ini memang mampu memberi tenaga secara instan. Akan tetapi jika dikonsumsi saat hamil muda, hal tersebut justru akan meningkatkan detak jantung ibu dan janin. Daripada minum teh atau kopi, tentu akan jauh lebih baik jika minum susu ibu hamil.

 

Nanas

Korelasi antara nanas dan keguguran memang nyata. Semua itu akibat kandungan bromelin yang ada di dalam buah nanas. Bromelin ini mampu melunakkan leher rahim yang kemudian memicu keguguran atau bayi lahir prematur. Meski tidak 100% dilarang, ada baiknya ibu hamil menghindari buah yang satu ini terlebih dahulu.

 

Air Kelapa

Air kelapa sebenarnya termasuk minuman yang baik untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Meski hanya sekedar mitos, tak sedikit yang masih percaya bahwa minum air kelapa dapat membuat bayi lahir dengan kulit bersih. Sebenarnya ibu hamil tidak sepenuhnya dilarang untuk minum air kelapa. Namun jika minum air kelapa saat hamil muda, hal ini justru bisa menyebabkan kandungan melemah.

 

Selama masa kehamilan, makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari. Makanan lain seperti seafood, pepaya muda, telur mentah atau setengah matang, durian, makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas serta makanan yang mengandung MSG sebaiknya dihindari. Setidaknya, hindari beberapa makanan tersebut untuk sementara waktu. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, ada baiknya ibu hamil juga mengkonsumsi susu ibu hamil. Dari beberapa susu ibu hamil yang ada di pasaran, Susu Prenagen adalah salah satu susu yang layak untuk dijadikan pilihan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store