Makanan yang Harus dihindari Penderita Gula Darah Tinggi

Makanan yang Harus dihindari Penderita Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi menyebabkan seseorang memiliki beragam risiko penyakit. Jika tidak ingin berlarut-larut dengan hal itu, penting untuk mengatur apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini karena kadar gula darah atau glukosa dapat melonjak tinggi apabila kita tidak mengontrol apa yang kita konsumsi.

 

Jika terlanjur menyandang penyakit gula darah tinggi atau diabetes, bukan berarti Anda tidak bisa makan semua jenis makanan yang biasa Anda makan, lho. Namun, Anda perlu memahami bahwa, Anda harus mengatur porsi, dan memilih alternatif makanan yang lebih sehat.

 

Oleh karenanya, selain mengetahui apa yang baik untuk dikonsumsi guna menurunkan kadar gula dalam darah, tidak kalah pentingnya untuk mengetahui apa yang harus dihindari, agar kadar glukosa tidak melonjak.

 

Berikut ini adalah asupan yang perlu dihindari oleh penderita gula darah tinggi:

 

Karbohidrat dan pati memiliki dampak besar pada peningkatan kadar gula darah. Oleh karenanya, pilihlah dengan hati-hati. Hindari nasi putih dan pasta yang merupakan karbohidrat sederhana yang cepat dicerna tubuh, namun menyebabkan peningkatan glukosa dalam darah secara cepat setelah dikonsumsi. Hindari pula roti tawar putih dan jagung, karena kandungan patinya dapat terpecah dengan cepat ketika memasuki saluran cerna, dan dapat mengganggu kadar glukosa, sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin melonjak dengan cepat. Sebagai pengganti, pilihlah roti gandum karena memiliki serat yang tinggi.

 

Kolesterol juga harus dihindari, termasuk yang berasal dari produk susu tinggi lemak dan protein yang tinggi lemak, kuning telur, kerang, hati, dan daging. Hindari pula gorengan seperti kentang goreng, bakwan, donat, keripik kentang yang menjadi pemicu meningkatnya gula darah karena terbuat dari bahan-bahan tepung, dan memiliki karbohidrat yang berat. Selain itu, gorengan juga menyerap banyak minyak yang sarat akan lemak trans, dan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

 

Makanan manis seperti permen juga perlu dihindari, karena mengandung gula yang sangat tinggi. Rata-rata kadar gula dalam permen sekitar 63-83%. Untuk menggantinya, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, pir, anggur atau jeruk.

 

Batasi lemak makanan karena kalorinya tinggi. Konsumsi kalori berlebih dapat menyebabkan obesitas yang menjadi salah satu penyebab diabetes. Alihkan konsumsi kepada susu rendah lemak, daging tanpa lemak, serta sayur dan buah.

 

Untuk menyukseskan langkah sehat anda, hindari pula alkohol dan rokok ya, supaya gula darah tinggi dalam tubuh bisa dikurangi, dan kesehatan Anda pun lebih prima.

 

 

 

Salam,

KALBE Store