Makanan yang Harus Dihindari oleh Para Penderita Kolesterol

Makanan yang Harus Dihindari oleh Para Penderita Kolesterol

Kolesterol, penyakit yang satu ini tampaknya semakin jamak dijumpai. Penderitanya juga tak terbatas pada mereka yang sudah lanjut usia. Mereka yang masih muda juga tak sedikit yang mengalami masalah serupa. Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Mengingat kolesterol lebih banyak dipicu karena diet dan gaya hidup yang kurang sehat, sebenarnya gangguan kesehatan ini bisa diatasi sejak dini.

 

Namun jika memang sudah terlanjur menderita kolesterol, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risikonya yakni dengan mengkonsumsi susu kolesterol dan menghindari makanan yang menjadi pantangan. Berikut ini beberapa pantangan makanan untuk penderita kolesterol.

 

Makanan yang digoreng

Makanan berlemak sangat berisiko untuk para penderita kolesterol. Kandungan minyak di dalamnya bisa meningkatkan kadar kolesterol bahkan hingga ke titik yang berbahaya. Karena itu, penderita kolesterol sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang digoreng. Sebagai gantinya, mereka bisa mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, dipanggang atau dikukus. Mengganti minyak dengan minyak yang lebih sehat seperti olive oil juga bisa menjadi solusi.

 

Daging

Daging memang nikmat. Namun bagi penderita kolesterol, makanan yang satu ini justru berbahaya bagi kesehatan, terlebih jika dikonsumsi tanpa kontrol. Daging mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan tersebut akan semakin tinggi jika daging tersebut diolah dengan cara digoreng.

 

Beberapa Jenis Seafood

Makanan yang berasal dari laut memang kaya akan protein yang baik untuk tubuh. Akan tetapi beberapa seafood ternyata justru berbahaya untuk para penderita kolesterol. Beberapa seafood tersebut antara lain ikan sarden, kepiting, ikan teri, ikan sotong, tiram, udang dan cumi-cumi. Kalaupun ingin mengkonsumsi seafood, sebaiknya batasi secara ketat.

 

Beberapa Jenis Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang harus dibatasi konsumsinya adalah melinjo, kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Meski demikian, penderita kolesterol masih dapat mengkonsumsi beberapa diantaranya. Hanya saja, pembatasannya harus sangat ketat. Selain itu pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

 

Kolesterol memang banyak pantangannya. Meski demikian, bukan berarti para penderita kolesterol tidak bisa menikmati hidup atau memperoleh asupan gizi yang memadai. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi setiap harinya, para penderita kolesterol bisa mengkonsumsi susu kolesterol. Susu ini telah didesain secara khusus agar aman dikonsumsi. Ragam manfaatnya juga telah terbukti. Jika Anda mencari susu kolesterol, Nutrive Benecol adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda jumpai.

 

 

 

Salam,

KALBE Store