Makanan Yang Aman Dikonsumsi Untuk Malam Hari

Makanan Yang Aman Dikonsumsi Untuk Malam Hari

Makan saat malam hari menjadi pantangan utama yang harus dihindari para pejuang diet. Pasalnya, kalori yang masuk ke tubuh tidak digunakan beraktivitas dan akan tertimbun ketika kita tidur. Namun, tidur dalam keadaan perut lapar juga membuat kita tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Nah, supaya Anda tidak lapar saat malam tapi gak menimbun lemak juga, cobalah konsumsi 8 makanan di bawah ini. Dijamin tidur Anda akan nyenyak dan nyaman.

1. Almond

Almond berbeda dengan jenis kacang-kacangan lain yang mengandung lemak tinggi. Jenis kacang ini juga tinggi magnesium yang berguna mengatur kadar gula darah. Biasanya, almond paling enak dimakan langsung atau dikukus. Anda bisa menambahkan sedikit bumbu, asal bukan berasal dari perasa yang mengandung banyak garam atau gula. Jangan sampai almondnya sudah sehat, tapi bumbunya malah bikin berat badan naik.

2. Homemade es krim strawberry-pisang

Pada dasarnya, es krim mengandung hampir 200 kalori yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat malam. Tetapi, berbeda dengan es krim buatan sendiri. Biasanya para vegetarian membuatnya sendiri karena tidak menggunakan gelatin atau susu. Caranya, Anda hanya perlu menumbuk pisang dan strawberry. Selanjutnya, campurkan kedua bahan ini, tanpa perlu menambahkan gula lagi. Terakhir, simpan dalam freezer. Kalau sudah membeku, kamu bisa langsung menikmatinya.

3. Greek yoghurt

Dari sekian banyak jenis yogurt, plain greek yoghurt  menjadi pilihan yang paling baik untuk dikonsumsi pada malam hari. Yoghurt ini memiliki kandungan protein dua kali lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Kandungan karbohidrat pun hanya separuh dari yoghurt pada umumnya. Rasanya memang tidak begitu enak, tetapi Anda bisa menyulapnya dengan menambahkan irisan buah favorit, seperti jeruk, strawberry, atau raspberry. Simpan dulu yoghurt campuran buatanmu di dalam kulkas, agar lebih segar saat dikonsumsi.

  1. Kacang arab atau pistachios

Tanpa dibumbui, jenis kacang ini sudah terasa asin dan gurih. Kacang ini dibalut dengan kulit yang tidak bisa dimakan. Karena kita perlu untuk mengupas kulitnya dulu. Sehingga tanpa sadar, kita memakan lebih sedikit pistachios dibanding dengan kacang lain dalam waktu yang sama. Selain itu, karena beratnya yang ringan, dalam satu onsnya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pistachios dibanding kacang lain. Meski ringan, kacang ini kaya serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

5. Kuaci dari biji labu

Kuaci merupakan perpaduan almond dan pistachios. Dibutuhkan usaha lebih untuk menguas kulitnya. Kuaci juga kaya magnesium yang sedikit-banyak memberikan efek relaksasi. Sehingga, pas banget jadi teman nonton TV saat malam hari. Cocok nih buat kamu penderita insomnia.

6. Dark chocolate

Konsumsi cokelat memang sebaiknya dihindari, terutama bagi yang memiliki gangguan gula darah tinggi atau sedang diet. Namun, yang dimaksud di sini adalah cokelat batangan atau permen cokelat yang banyak dijual di minimarket, karena mengandung banyak gula. Oleh karena itu, pilihan yang tepat adalah dark chocolate. Meski rasanya agak pahit, tapi cokelat ini memiliki banyak keutamaan seperti kaya antioksidan, menurunkan tekanan darah dan yang pasti memperbaiki mood-mu setelah seharian beraktivitas.

7. Susu hangat rendah kalori dan madu

Bukan sekedar mitos kalau ada ungkapan susu baik dikonsumsi untuk para penderita insomnia agar bisa cepat tidur. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan susu yang membantu proses relaksasi. Kalau kamu suka manis, kamu bisa menyeduh susu buatanmu sendiri dengan 1-2 sendok makan madu.

8. Frozen bluberry

Kalau Anda punya bluberry, simpan saja di lemari es untuk dikonsumsi saat malam hari. Rasa manisnya asli dari buah, sehingga dapat memenuhi kadar gula di tubuh dengan takaran yang pas. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan yang  baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Nah, tidak ada alasan lagi tidak bisa tidur karena lapar? Anda tetap bisa makan yang gak mengganggu metabolisme dan program diet.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

frugalnutrition.com

greekyyougurtparadise.com

greenblender.com