Makanan untuk Bayi Usia 6 Bulan


Makanan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Makanan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Saat usia 6 bulan, biasanya bayi sudah mulai bisa menerima makanan lain selain ASI. Di saat inilah orang tua bisa mulai memperkenalkan makanan lain sebagai pendamping ASI.

Meski demikian, tidak semua makanan bisa dikonsumsi si kecil. Tekstur makanan juga harus diperhatikan. Karena itulah, makanan bayi usia 6 bulan umumnya memiliki tekstur lembut dan mudah ditelan oleh si kecil. Bagi orang tua yang ingin memperkenalkan makanan pendamping pada sang buah hati, beberapa makanan berikut ini bisa jadi pilihan.

 

Bubur Sayuran

Sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup kaya dan baik untuk perncernaan si kecil. Untuk memperoleh manfaat sayuran, para orang tua bisa merebus dan menumbuknya hingga halus sebelum diberikan kepada si kecil. Bubur sayuran yang biasa dijadikan makanan bayi usia 6 bulan biasanya bubur yang terbuat dari kentang, wortel atau ubi jalar. Mencampurnya dengan sayuran lain seperti brokoli juga baik untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya.

 

Bubur Buah

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah juga sangat baik untuk si kecil. Selain itu buah juga relatif ramah untuk perut si kecil. Salah satu buah yang bisa dijadikan bubur buah adalah apel. Namun agar si kecil dapat mengkonsumsinya, pastikan untuk menumbuknya hingga halus sebelum diberikan kepada bayi.

 

Sereal Kaya Nutrisi

Pada usia 6 bulan, bayi juga sudah bisa menerima makanan pendamping seperti sereal. Saat ini juga semakin banyak sereal khusus untuk bayi berumur 6 bulan. Tekstur makanan bayi usia 6 bulan ini juga lembut dan aman untuk pencernaan si kecil. Ragam pilihan rasa tersedia. Para orang tua bisa memilihnya sesuai dengan selera sang anak. Namun saat hendak membeli sereal untuk bayi, perhatikan batas usianya dan kandungan yang ada di dalamnya.

 

Bayi umur 6 bulan umumnya memang masih memperoleh ASI. Bahkan nutrisi yang ada pada ASI sebenarnya masih mencukupi kebutuhannya. Namun agar si kecil lebih mudah menerima makanan lain selain ASI, memperkenalkannya pada makanan pendamping sangatlah penting. Di sini para orang tua juga bisa memulainya dengan memberikan makanan pendamping seperti Milna Sereal.

 

 

 

Salam,

KALBE Store