Makanan Tinggi Kalsium Untuk Bantu Jaga Kesehatan Tulang


Makanan Tinggi Kalsium Untuk Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Makanan Tinggi Kalsium Untuk Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Osteoporosis bukanlah penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Penyakit ini muncul akibat kekurangan kalsium yang berlangsung selama bertahun-tahun. Kebiasaan hidup kurang sehat di usia muda pun menjadi pemicu utamanya. Tentu saja, ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi susu tinggi kalsium sejak masih muda. Akan tetapi susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium. Berikut beberapa makanan tinggi kalsium yang juga perlu Anda tahu.

 

Bayam

Kalsium sebenarnya banyak terkandung dalam sayur-sayuran. Salah satunya adalah bayam. Sayuran yang satu ini juga sangat mudah dijumpai di Indonesia. Tidak sulit untuk mengolahnya. Namun saat menilik kandungan kalsiumnya, jumlahnya tidak bisa diremehkan. Setidaknya terkandung 200 mg kalsium di dalam sayuran hijau yang satu ini.

 

Brokoli

Sayuran yang satu ini banyak direkomendasikan untuk ibu hamil dan anak-anak. Semua itu bukan tanpa alasan. Kandungan nutrisinya sangat kaya. Kalsium misalnya. Untuk kalsium sendiri, brokoli mengandung sebanyak 180 mg kalsium. Namun untuk orang-orang yang sudah memiliki masalah tulang, mereka juga akan membutuhkan susu tinggi kalsium.

 

Kacang Kedelai

Cukup banyak makanan yang berbahan dasar kedelai. Tempe dan tahu misalnya. Namun jika menginginkan manfaat terbaik dari kacang kedelai, konsumsilah dalam kondisi belum diolah. Cukup direbus atau dikukus saja. Di dalam 1 cangkir kacang kedelai, setidaknya terkandung 261 mg kalsium. Itu adalah angka yang sangat besar untuk sebuah makanan.

 

Ikan Salmon

Sebagian besar ikan, khususnya ikan laut memang terkenal akan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun dari beberapa ikan yang ada, ikan salmon adalah salah satu ikan terbaik yang kaya akan nutrisi, khususnya protein dan kalsium. Per 3 ons saja, setidaknya terkandung 181 mg kalsium.

 

 

Memenuhi kebutuhan kalsium sebenarnya tidak sulit. Ada banyak makanan yang bisa diandalkan. Selain keempat makanan di atas, masih ada banyak makanan lain yang juga tinggi kalsium. Misalnya saja seperti buah jeruk, alpukat, pisang, kacang almond, kangkung dan masih banyak lagi. Namun saat gejala osteoporosis mulai tampak, Anda butuh lebih dari sekedar makanan tinggi kalsium. Anda juga membutuhkan susu tinggi kalsium. Untuk yang satu ini, Anda selalu bisa mengandalkan Susu Entrasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store