Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 1)


Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 1)

Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 1)

Berikut adalah artikel terakhir mengenai makanan super yang bisa membantu turunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Pastikan makanan di bawah ini dapat Anda konsumsi dalam kehidupan sehari-hari, ya.

 

  1. Teh mengandung antioksidan yang tinggi, dan dapat menenangkan aliran darah. Selain itu, teh mengandung Flavonoids, salah satu zat antioksidan yang dapat mencegah proses oksidasi LDL (kolesterol jahat) dan terbentuknya plak pada dinding arteri. Sebaiknya, Anda mengonsumsi teh buatan sendiri, seperti teh hijau atau teh hitam.
  2. Dark chocolate yang terasa lebih pahit mengandung antioksidan, khususnya flavonoid, yang tiga kali lebih banyak dibandingkan susu, yang dapat membantu mencegah penyumbatan arteri. Sebaiknya, Anda mengonsumsi cokelat sekitar 1 ons dalam sehari, dan mengurangi konsumsi cokelat putih.
  3. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi makanan yang kaya akan sterols dan stanols, seperti granola bars, margarine, orange juice dan cokelat. Sterols dan stanols merupakan ekstrak tanaman yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk turunkan kolesterol hingga 10%, jika dikonsumsi dalam jumlah 2 gr per hari.
  4. Bayam kaya akan lutein (pigmen warna kuning yang terdapat pada sayuran berdaun hijau gelap dan kuning telur) yang dapat mencegah terjadinya macular degeneration, yang dapat membuat kebutaan, serta mencegah terjadinya serangan jantung akibat pembuluh darah tersumbat. Sebaiknya, Anda mengonsumsi bayam minimal ½ cangkir setiap harinya.
  5. Minyak sayuran yang berasal dari bunga matahari, canola dan sumber lainnya, jika digunakan sebagai pengganti butter atau minyak olahan dalam proses memasak, dapat membantu menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Selain itu, buah-buahan seperti apel, anggur, strawberry dan buah asam lainnya juga kaya akan pectin dan fiber (serat) yang dapat membantu turunkan kolesterol.

 

Demikian artikel mengenai makanan untuk turunkan kolesterol dalam tubuh Anda. Anda pun dapat membaca artikel sebelumnya untuk mengetahui makanan lainnya yang mampu menjaga kadar kolesterol. Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan selamat mencoba di rumah!

 

 

 

Salam,

KALBE Store