Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 2)

Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 2)

Artikel sebelumnya sudah membahas mengenai 3 makanan super yang dapat membantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Berikut kelanjutan artikel tersebut, yang akan membantu Anda menentukan makanan yang tepat untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh Anda.

 

1) Buah alpukat kaya akan lemak monosaturated yang dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), dan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Selain itu, alpukat juga mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi alpukat sebanyak 15% dari total lemak monosaturated dalam sehari, atau sekitar 30 gr.

 

2) Bawang putih terkenal dengan manfaatnya sejak zaman dulu, terutama untuk meningkatkan stamina. Namun, bawang putih pun dapat membantu turunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, melindungi tubuh dari infeksi, dan membantu menghentikan plak penyumbat arteri dalam tahap awal, dengan mencegah partikel kolesterol menempel pada dinding arteri.

 

3) Salah satu cara yang mudah untuk turunkan kolesterol adalah mengonsumsi semangkok oats sebagai menu sarapan Anda. Oats memberikan 1-2 gr soluble fiber yang diperlukan tubuh dalam sehari. Selain itu, Anda pun dapat mengonsumsi produk gandum lainnya yang kaya akan soluble fiber.

4) Kacang-kacangan, seperti walnuts, almond dan cashews, mengandung lemak monosaturated, vitamin E, magnesium, dan phytochemicals, yang mempengaruhi kesehatan jantung. Walnuts juga mengandung lemak omega-3. Studi menunjukkan bahwa, seseorang yang mengonsumsi kacang-kacangan minimal dua sendok makan sehari memiliki resiko penyakit jantung dan penyakit lainnya yang lebih rendah dibandingkan sebayanya yang tidak mengonsumsi.

 

Sebaiknya, Anda mulai memasukan makanan-makanan di atas sebagai menu makanan Anda sehari-hari. Dengan menjaga kadar kolesterol, Anda dapat membuat tubuh dan jantung semakin sehat, lho. Jangan lewatkan artikel berikutnya jika Anda ingin mengetahui makanan super lain yang dapat turunkan kolesterol dalam tubuh, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store