Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 3)


Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 3)

Makanan Super Untuk Turunkan Kolesterol (Part 3)

Mengutip dari Harvard Health Publications, berikut ini rangkuman 10 makanan terbaik untuk turunkan kolesterol. Apabila Anda sudah mulai mengonsumsinya, pertahankan kebiasaan baik tersebut, ya. Sebaliknya, apabila tidak, sebaiknya tambahkan makanan di bawah ini ke dalam menu makanan Anda. Silakan disimak.

 

1) Mengonsumsi kacang kedelai dan olahannya, seperti tofu dan susu kedelai, dapat membantu menurunkan kolesterol. Studi menunjukkan bahwa, mengonsumsi 25 gr protein dari susu kedelai per hari (sekitar 10 ons tofu atau 2½ cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh sebesar 5-6%. Selain itu, di dalam susu kedelai juga terdapat protein phytates dan isoflavones yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Sebaiknya, konsumsi kacang kedelai sebagai pengganti daging dan keju, agar dapat menurunkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

 

2) Kacang dalam golongan beans kaya akan serat, dan merupakan menu diet yang sehat, karena dapat menahan rasa lapar untuk waktu yang lama setelah makan. Mengonsumsi beans sebanyak satu cangkir per hari dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10% hanya dalam waktu 6 minggu. Namun, jika Anda mengonsumsi beans kalengan atau kemasan, sebaiknya dicuci sampai bersih terlebih dahulu, karena mereka diawetkan dalam cairan dengan kadar sodium yang tinggi.

 

3) Mengonsumsi ikan salmon, yang kaya akan lemak omega-3, dan mengandung EPA serta DHA, dapat membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida, menjaga kadar HDL, menjaga kesehatan jantung, serta mencegah terjadinya detak jantung yang tidak normal. Selain salmon, Anda pun dapat mengonsumsi ikan sarden, mackerel dan tuna. Sebaiknya, Anda mengonsumsi ikan yang kaya akan lemak omega-3 minimal 2 kali dalam seminggu, untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh.

 

Masih ada beberapa makanan super lainnya yang dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu turunkan kolesterol Anda. Jangan lewatkan artikel selanjutnya agar Anda paham bahwa nutrisi dan sumber makanan yang tepat mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

 

 

 

Salam,

KALBE Store