Makanan Penting Untuk Anak Usia 9-12 Bulan


Makanan Penting Untuk Anak Usia 9-12 Bulan

Makanan Penting Untuk Anak Usia 9-12 Bulan

Sejak ia dilahirkan, sejak saat itulah pertumbuhan si kecil di mulai. Pertumbuhan tersebut akan terus berlangsung hingga beberapa tahun ke depan. Meski demikian, tahun pertama adalah masa-masa yang paling vital. Sebelum ia bisa menerima susu formula atau makanan bergizi lainnya, di masa ini ia membutuhkan banyak nutrisi yang hanya bisa ia peroleh dari ASI dan beberapa makanan pendampingnya. Setidaknya ada beberapa nutrisi penting yang ia butuhkan di tahun-tahun awal pertumbuhannya. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan berikut ini.

 

Daging

Daging mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh si kecil. Proteinnya juga baik untuk membantu perkembangan otot-ototnya. Tapi karena usianya yang masih belia, usahakan untuk mengolah daging menjadi lebih lembut. Berbagai manfaat pada daging tersebut tentu tidak kalah dengan apa yang bisa dijumpai pada susu formula.

 

Brokoli

Di dalam brokoli terkandung asam folat dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhannya. Sayangnya, jenis sayuran yang satu ini memiliki tekstur yang cukup keras. Karena itu, lumatkan terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada si kecil.

 

Bayam

Kalsium, vitamin C dan beta karoten, itulah beberapa nutrisi yang bisa diperoleh dari sayur bayam. Teksturnya juga lembut dan tidak sulit untuk diolah. Anda bisa membuatnya menjadi sayur bening atau mencampurkannya pada bubur.

 

Tomat

Tomat adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. Kandungan likopen yang ada di dalamnya akan membantu menjaga daya tahan si kecil. Begitu pula dengan serat, protein, asam folat dan kalsiumnya, semua itu sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak.

 

Ikan

Daging bukanlah satu-satunya sumber makanan hewani yang baik untuk anak usia 9-12 bulan. Ikan juga tak kalah ampuh dalam menunjang tumbuh kembangnya. Kandungan nutrisinya sangat kaya. Sebut saja asam omega 3 yang baik untuk perkembangan otaknya. Selain itu, ikan juga memiliki tekstur yang lembut.

 

Anda bisa mengombinasikan makanan di atas untuk memperoleh gizi yang lebih beragam dan seimbang. Setelah si kecil menginjak usia 1 tahun, di saat itulah ia bisa menerima lebih banyak jenis makanan. Ia juga sudah bisa menerima susu formula. Namun agar si kecil bisa memperoleh manfaat terbaik dari susu tersebut, pilihlah susu yang memang telah terbukti seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store