Makanan Nusantara: Resep Getuk Bola Keju

Makanan Nusantara: Resep Getuk Bola Keju

Menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tidak ada salahnya jika Anda membuat sajian khas Nusantara untuk santapan bersama keluarga. Banyak sekali resep makanan tradisional yang diwariskan oleh leluhur. Salah satunya adalah getuk.

 

Getuk merupakan makanan ringan khas daerah Jawa Tengah dan jawa Timur. Makanan ini terbuat dari bahan utama ketela pohon atau yang lebih dikenal dengan singkong. Getuk memiliki tekstur dan rasa yang cukup unik, sehingga tidak heran makanan ini juga populer sebagai dikalangan masyarakat dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

 

Sejarah getuk

 

Getuk sudah ada dari jaman penjajahan Jepang lho Fams. Makanan ini muncul pada saat beras yang merupakan bahan pangan pokok masyarakat Indonesia sedang langka pada masa tersebut. Sehingga penduduk asli Magelang berusaha untuk mencari alternatif lain untuk menggantikan makanan pokok. Maka dipilihlah ketela karena tumbuhan ini banyak terdapat pada sekitar rumah warga atau dijual di pasar.

 

kenali asal mula getuk

 

Seorang warga yang berasal dari desa Karet, yang bernama Mbah Ali Mochtar mencoba membuat inovasi dengan ketela. Tujuannya untuk membuat ketela menjadi makanan yang cukup menarik untuk dihidangkan dan tidak membosankan untuk disantap. Beliau lalu mencoba mengolah ketela dengan cara dikukus. Sesudahnya ketela tersebut dihaluskan dan dicampur dengan gula, yang menjadi awal mula pembuatan getuk.

 

Kendala dari pembuatan getuk terdapat pada proses menghaluskan ketela. Sebab pengerjaannya masih secara manual yang membutuhkan 4-6 orang dalam sebuah lesung. Namun pada tahun 1985, Mbah Ali berhasil membuat mesin penggilas ketela yang dapat membuat adonan getuk menjadi lebih cepat halus.

 

Kreasi getuk pertama ini memiliki filosofi tersendiri. Di mana makanan ini merupakan bukti dari kesederhanaan terutama pada masa krisis. Selain itu pembuatan getuk pada masa sulit merupakan upaya kreatif untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk bahan makanan.

 

Setelah Mbah Ali meninggal dunia, usaha pembuatan getuk dilanjutkan oleh anak-anaknya bahkan generasi selanjutnya. Sehingga tidak heran, Anda masih bisa menemukan produk getuk original ini di pasaran. Tetapi, Anda juga bisa lho membuat sendiri getuk yang sudah dimodifikasi dengan mengikuti resep berikut.

Resep Getuk Bola Keju

(Jumlah sajian 30pcs)

 

kreasi resep nusantara getuk

 

Bahan:

1000 gr singkong

250 gr H2 Gula Kelapa

20 gr mentega

100 gr tepung kelapa

200 gr keju parut

 

Cara membuat:

  1. Siapkan singkong, kupas dan cuci bersih.
  2. Kemudian potong singkong dengan ukuran kecil-kecil, kemudian kukus hingga matang.
  3. Selagi panas, haluskan singkong.
  4. Kemudian campurkan singkong yang sudah dihaluskan dengan H2 Gula Kelapa, 30 gr tepung kelapa, dan mentega. Campur hingga rata.
  5. Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan. Tambahkan keju parut di tengah-tengah bagian adonan lalu tutup dengan membentuk adonan menjadi bulat.
  6. Lakukan hal di atas pada adonan sisanya hingga habis.
  7. Terakhir taburi permukaan getuk bola keju dengan tepung kelapa dan siap untuk disajikan.

 

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membuat getuk Bola Keju? Jangan lupa untuk mendapatkan H2 Gula Kelapa dengan mudah hanya di sini. Anda pun bisa melakukan kreasi makanan lainnya dengan menggunakan produk makanan sehat dari H2 Health and Happiness.

 

buat kreasi makanan dengan H2 Gula Kelapa

 

Yuk, bersama rayakan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mencintai karya khas Nusantara. Mulai dari makanan hingga kebudayaan lainnya untuk dukung Indonesia Maju!

 

Salam,

KALCare

 

 

 

Sumber:

https://www.kalbe-h2.com/article/detail/getuk-bola-keju

http://sejarahunik.net/kuliner/sejarah-gethuk-magelang-legendaris.html