Meski Menyehatkan, Makanan Berikut Ini Tidak Boleh Diberikan Pada Anak di Bawah 1 Tahun


Meski Menyehatkan, Makanan Berikut Ini Tidak Boleh Diberikan Pada Anak di Bawah 1 Tahun

Meski Menyehatkan, Makanan Berikut Ini Tidak Boleh Diberikan Pada Anak di Bawah 1 Tahun

Apa yang paling Anda inginkan untuk sang buah hati? Jawaban untuk pertanyaan ini mungkin akan sangat beragam. Namun ada satu kesamaan di sana. Semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Mereka juga menginginkan si kecil tumbuh dengan sempurna. Itulah kenapa banyak orang tua masa kini yang rutin memberikan susu formula sebagai pelengkap makanan harian anak. Meski demikian, tidak semua makanan sehat baik untuk anak. Semua juga tergantung pada usia. Misalnya saja makanan sehat untuk anak usia 5 tahun tentu belum tentu sehat untuk anak di bawah 1 tahun. Karena jika makanan berikut ini diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun, justru dampak buruk yang didapatkannya.

 

Kacang-Kacangan

Terlepas dari kandungan protein dan nutrisi penting lainnya, bentuk kacang-kacangan yang kecil sangat rentan membuat anak tersedak. Kacang-kacangan sendiri baru boleh diberikan pada anak usia 4 tahun ke atas. Belum lagi risiko alerginya. Karena itu, sebaiknya hindari memberikan kacang-kacangan utuh pada anak usia di bawah 1 tahun.

 

Keju

Kandungan kalsium dalam keju sebenarnya dibutuhkan oleh anak. Akan tetapi keju juga berisiko menyebabkan anak keracunan. Mirip seperti susu formula, keju juga termasuk salah satu produk olahan susu sapi. Jika diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun, sangat mungkin menyebabkan alergi. Namun jika ingin memberikan keju kepada si kecil, konsultasikan dulu dengan dokter. Selain itu pilihlah keju yang telah dipasteurisasi.

 

Makanan Laut

Makanan laut memang terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Protein sendiri sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Namun beberapa makanan laut seperti udang, kerang, kepiting dan lobster juga bisa memicu reaksi alergi pada anak. Apalagi jika makanan-makanan tersebut diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun.

 

 

Beberapa makanan dan minuman lain yang juga perlu mendapat perhatikan adalah susu sapi, madu, sayuran ataupun buah yang keras, minuman yang mengandung kafein dan jus buah. Makanan-makanan seperti ini hanya boleh diberikan saat pencernaan si kecil lebih sempurna. Begitu pula dengan pemberian susu formula. Beri si kecil susu hanya setelah ia berusia 1 tahun. Selain itu, pilihlah susu yang telah teruji dan terbukti kualitasnya seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store