Makanan dan Minuman yang Menurunkan Kolesterol

Makanan dan Minuman yang Menurunkan Kolesterol

Menjaga kadar kolesterol tetap stabil merupakan suatu keharusan agar tubuh tetap sehat. Berapa upayanya bisa melalui rutin olahraga atau menjaga pola makan. Jika tidak dijaga, kadar kolesterol yang melonjak akan membuat tengkung Anda terasa tegang, nyeri di dada, dan kesemutan. Bahkan, kolesterol juga dapat meningkatkan risiko terkena stroke dan serangan jantung. Ada cara yang lebih mudah dan alami untuk menurunkan kadar kolesterol, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan nutrisi yang tepat. 

 

 

Nah, berikut ini merupakan daftar makanan yang mampu membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

Alpukat

 

Buah dengan kulit berwarna hijau ini merupakan salah satu pangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan serat dan HDL (kolesterol baik) alpukat yang tinggi mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Dalam sebuah studi juga didapatkan bahwa orang yang mengalami obesitas mengalami penurunan kadar kolesterol secara signifikan dengan mengonsumsi 1 buah alpukat setiap hari.

 

Kacang-kacangan

 

Berdasarkan hasil dari analisis terhadap 25 studi, kacang-kacangan diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kacang-kacangan mengandung omega-3 dan kaya serat yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung akibat kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, kandungan L-arginine dalam kacang-kacangan mampu mengoptimalkan tekanan darah dalam tubuh Anda. Untuk penyajian, jangan menambahkan penambah rasa pada kacang-kacangan agar dapat menurunkan kadar kolesterol lebih optimal.

 

Nutrive Benecol

 

 

 

turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol

 

 

 

Minuman dalam bentuk smoothie enak yang satu ini telah teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 7-10% jika dikonsumsi 2 kali sehari secara rutin selama 2 minggu. Rahasianya ada pada Plant Stanol Ester, yakni kandungan pada tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol dengan alami. Nutrive Benecol juga rendah kalori dan tanpa tambahan gula, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes serta Anda yang menjalankan diet sehat.

 

Ikan

 

Ikan laut jenis salmon dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon atau makarel sebanyak dua kali dalam seminggu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Perlu diperhatikan, Anda dianjurkan mengolah kedua ikan ini dengan cara dikukus atau direbus. Jangan  menggorengnya, sebab dapat meningkatkan kadar kolesterol yang ada di dalam makanan.

 

Gandum

 

Mengonsumsi gandum utuh setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke yang disebabkan oleh kolesterol. Sebab gandum utuh mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Anda bisa memilih oats sebagai pilihan gandum utuh yang dikonsumsi sehari-hari. Karena oats memiliki kandungan beta-glucan atau sejenis serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

 

Buah dan sayur

 

 

 

turunkan kolesterol dengan konsumsi buah dan sayur

 

 

 

Hampir semua buah-buahan mengandung serat larut bernama pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Serat ini mampu menurunkan kolesterol hingga 10%. Pektin terdapat dalam buah apel, anggur, stroberi, dan jeruk sehingga cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

 

Sayur juga mengandung berbagai zat gizi yang mampu menjaga kesehatan organ yang terkait dengan kolesterol, yaitu jantung dan pembuluh darah. Kandungan zat pektin terdapat pada sayur terong, okra, wortel, dan kentang. Untuk pengolahan, lebih baik Anda memakan buah secara langsung atau dibuat menjadi jus. Sedangkan untuk sayur bisa dimasak tetapi jangan dijadikan terong atau kentang goreng ya!

 

Makanan-makanan penurun kadar kolesterol ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di swalayan atau pasar tradisional lho! Yuk, langsung saja dicari makanan dan minuman yang tersebut. Kalau Anda ingin mendapatkan Nutrive Benecol dengan mudah segera klik di sini saja ya!

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com