Lemas Saat Puasa? Atasi dengan Tips Berikut Ini

Lemas Saat Puasa? Atasi dengan Tips Berikut Ini

Puasa memang menuntut Anda untuk menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam. Meski demikian, bukan berarti Anda harus selalu melaluinya dengan rasa lemas dan tak bertenaga. Puasa sebenarnya tak harus selalu demikian. Jika dilakukan dengan benar, puasa seharusnya tak terlalu memberatkan tubuh. Bahkan rasanya tak berbeda jauh dengan hari-hari biasa. Salah satu kuncinya adalah bagaimana Anda bersantap sahur, menjalani hari dan berbuka. Dengan tips berikut ini, lemas saat puasa pun bisa diminimalisir.

 

Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Delapan gelas sehari, secara umum itulah kebutuhan cairan tubuh manusia. Saat berpuasa pun kebutuhan tersebut tetap sama. Haus adalah tanda awal kekurangan cairan. Jika dibiarkan, tubuh akan terasa lemas. Inilah yang terjadi saat puasa. Sebenarnya kebutuhan cairan ini bisa dipenuhi dengan menerapkan strategi yang tepat. Karena waktu makan kini bergeser, Anda bisa memenuhi kebutuhan air putih dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas seusai sholat Tarawih.

 

Jangan Terlalu Banyak Makan Garam

Konsumsi garam yang terlalu banyak juga bisa membuat tubuh terasa lesu saat puasa. Efeknya semakin terasa jika Anda mengonsumsinya saat sahur. Makanan yang baik untuk sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan lemak. Ketiga nutrisi tersebutlah yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

 

Olahraga

Meski sedang berpuasa, bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga sama sekali. Olahraga justru bisa membantu Anda merasa lebih segar dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa. Hanya saja sebaiknya lakukan olahraga saat sore hari, tepatnya jelang waktu berbuka.

 

Istirahat Cukup

Selama bulan puasa, jam tidur akan terpangkas untuk sahur. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh terasa lesu dan lemas di siang hari. Kebutuhan tidur sifatnya tetap. Jadi Anda harus memenuhinya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memajukan jam tidur atau menambahkan tidur siang ke dalam rutinitas harian Anda.

 

Puasa sebenarnya bisa dijalankan dengan cara yang lebih menyenangkan dan tak harus identik dengan tubuh lemas dan kurang bertenaga. Menerapkan tips di atas adalah salah satu caranya. Perhatikan juga asupan makanan Anda selama berpuasa. Mengonsumsi suplemen Blackmores pun cukup membantu untuk menjaga kondisi dan stamina tubuh.

 

 

 

Salam,

KALBE Store