Latihan Sederhana untuk Cegah Osteoporosis

Latihan Sederhana untuk Cegah Osteoporosis

Pertambahan usia kerap kali dikaitkan dengan beberapa penyakit yang umumnya menyerang mereka yang memasuki usia senja. Beberapa di antaranya berupa kolesterol, jantung, hingga osteoporosis. Nah, bagi Anda yang menginginkan informasi mengenai osteoporosis, yuk simak kelanjutan artikel berikut ini!

 

Pengertian osteoporosis

 

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara pencegahan, ada baiknya Anda mengetahui apa itu osteoporosis. Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikroarsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang. Kondisi ini pada akhirnya dapat menimbulkan kerapuhan bahkan patah tulang.

 

 

 

cegah osteoporosis sejak dini

 

 

 

Seperti yang sudah disebutkan di awal, osteoporosis cenderung menjangkit orang yang berusia 60 tahun ke atas. Namun, penyakit tulang ini lebih rawan dialami oleh perempuan karena terjadinya perubahan hormon setelah menopause yang membuat kondisi tulang menjadi lebih buruk. Osteoporosis terjadi akibat kurangnya aktivitas fisik. Sebab walaupun kebutuhan kalsium sudah terpenuhi sejak kecil, nutrisi tersebut akan sia-sia jika tidak diimbangi oleh aktivitas fisik.

 

Latihan untuk pencegahan

 

Maka dari itu, penting sekali melakukan latihan fisik agar menjaga tulang Anda tetap sehat. Tidak hanya sehat, tapi latihan juga membuat tulang menjadi kuat. Nah berikut ini merupakan latihan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis sejak dini.

 

1. Leg extension

 

Untuk melakukan gerakan ini, Anda perlu duduk dengan tegak pada sebuah kursi. Lalu angkat kaki kiri setinggi 5-6 cm sehingga sejajar dengan paha. Lalu gerakan kaki ke atas sebesar 90 derajat sambil dipegang dan didorong, seperti orang yang hendak menendang. Lakukan gerakan ini sebanyak 24 kali (8 hitungan, 3 set) selanjutnya bergantian dengan kaki kanan. Gerakan leg extension bermanfaat untuk menguatkan otot bagian paha.

 

2. Leg curl

 

Siapkan matras sebagai alas Anda untuk melakukan latihan leg curl. Rebahkan badan dalam posisi telungkup, dan letakan tangan Anda pada matras dengan posisi di samping wajah. Lalu tekuk kaki kiri ke arah atas (paha) dan bawah (lantai) sebanyak 24 kali. Lakukan juga gerakan ini pada kaki kanan Anda untuk menguatkan otot bagian belakang.

 

3. Back up free

 

Gerakan ini masih dilakukan dengan posisi telungkup di atas matras. Tetapi buka posisi tangan dan kaki Anda menjadi lebar. Selanjutnya, angkat angkat kedua tangan dan kaki secara bersamaan sehingga tubuh menyerupai huruf u. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali untuk menguatkan otot punggung dan pinggang Anda.

 

4. Side kick straight leg

 

Ubah posisi Anda menjadi miring sehingga hanya tubuh bagian kiri Anda yang menempel dengan matras. Selanjutnya tahan kepala Anda dengan menggunakan tangan kiri, sedangkan tangan kanan menahan badan pada matras dengan posisi di depan perut. Angkat kaki kiri Anda sebanyak 8 kali sehingga sejajar dengan kepala. Lakukan gerakan selanjutnya dengan posisi menyamping ke kanan agar paha bagian samping menjadi lebih kuat.

 

5. Hip strengthening

 

Lakukan gerakan hip strengthening dengan bantuan tembok. Lalu letakan kedua tangan Anda pada tembok, sehingga lurus sejajar dengan bahu. Selanjutnya letakan kaki kanan di depan sambil ditekuk, sementara kaki kiri lurus ke belakang seolah-olah Anda sedang mendorong sesuatu. Saat mendorong, tahan sampai 8 hitungan agar otot tangan dan kaki menjadi kuat. Lakukan gerakan berikutnya dengan mengubah posisi kaki kiri di depan, dan kaki kanan di belakang.

 

6. Extensor wrist curl, flexor wrist curl

 

Pada latihan gerakan yang terakhir, Anda perlu duduk tegak pada kursi dan memegang barbel. Anda bisa menggunakan barbel ukuran 1 kg atau botol air ukuran 600 ml. Genggam barbel dan luruskan tangan ke arah atas. Lalu gerakan pergelangan tangan secara berkala ke atas dan ke bawah. Ubah posisi tangan lurus ke bawah, dan gerakan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah. Lakukan sebanyak 24 kali pada tangan kanan dan kiri agar pergelangan Anda menjadi kuat.

 

 

 

cegah osteoporosis dengan Blackmores Calcimag Multi

 

 

 

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan gerakan-gerakannya? Anda bisa mencoba praktikan latihan ini di rumah lho. Jangan lupa untuk menyeimbangkan latihan Anda dengan nutrisi yang dapat mencegah osteoporosis, Blackmores Calcimag Multi. Suplemen dengan kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin D3 ini mampu menjaga kesehatan tulang Anda dari osteoporosis. Yuk cegah osteoporosis sejak dini bersama Blackmores Calcimag Multi!

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com

Tribunnews.com