Ladies Wajib Tahu, Kondisi Kesehatan Melalui Darah Menstruasi


Ladies Wajib Tahu, Kondisi Kesehatan Melalui Darah Menstruasi

Ladies Wajib Tahu, Kondisi Kesehatan Melalui Darah Menstruasi

Selama menstruasi, perempuan biasanya juga mengalami sakit atau kram perut, nyeri di sekitar vagina, hingga munculnya jerawat. Munculnya gejala ini seringkali menyita perhatian perempuan. Sehingga sedikit sekali perempuan yang melakukan cek kesehatan melalui darah menstruasi.

 

Secara umum, darah yang keluar pada saat menstruasi berwarna merah, layaknya darah secara umum. Akan tetapi, beberapa kondisi kesehatan ternyata dapat memengaruhi warna darah yang keluar pada saat menstruasi. Beberapa warana darah memang dapat dianggap normal, tetapi ada juga yang memberikan indikasi hal-hal lain. Maka dari itu, Anda perlu tahu macam-macam warna darah menstruasi untuk mengantisipasi gangguan kesehatan di dalam tubuh berikut ini.

 

ketahui arti warna darah menstruasi

 

1. Merah tua

Warna merah tua pada darah menstruasi menandakan bahwa darah tersebut tersimpan cukup lama di uterus, sehingga teroksidasi. Kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan. Karena biasanya warna darah merah tua terjadi pada awal datang bulan. Selain itu, warna darah merah tua dapat menjadi tanda bahwa masa menstruasi bulanan Anda akan segera berakhir. Tentunya ini juga disertai dengan berkurangnya jumlah darah yang keluar.

 

2. Merah terang

Warna darah menstruasi merah terang menandakan bahwa darah tersebut masih segar dan mengalir dengan cepat. Warna darah ini biasanya terjadi pada hari-hari awal menstruasi. Warna ini dapat berubah ketika masa menstruasi hendak selesai, menjadi warna merah tua.

Namun, jika pada pertengahan siklus menstruasi Anda mengalami flek atau pendarahan berwarna merah terang, Anda perlu berhati-hati. Sebab ini dapat menjadi indikasi adanya infeksi tertentu. Misalnya berupa klamidia atau gonore.

 

3. Merah muda

Warna darah merah muda dapat terjadi akibat siklus menstruasi yang lebih singkat atau jumlah yang lebih sedikit. Warna merah muda pada darah menstruasi ini juga dapat disebabkan karena rendahnya tingkat hormon estrogen di dalam tubuh. Selain itu, faktor-faktor seperti stres dan perubahan fisik yang drastis juga dapat membuat warna darah haid menjadi merah muda.

 

4. Oranye

Warna darah menstruasi oranye disebabkan oleh percampuran darah menstruasi yang berwarna merah dengan cairan jernih pada mulut rahim. Jika Anda mengalami ini, tidak perlu khawatir. Sebab biasanya warna oranye pada haid dapat terjadi pada awal masa menstruasi. Namun jika warna darah tidak memiliki perubahan selama masa menstruasi, perlu dilakukan pemeriksaan karena dikhawatirkan sebagai pertanda infeksi pada vagina atau mulut rahim.

 

5. Cokelat tua

Hampir sama dengan warna merah tua, warna cokelat tua pada darah menstruasi merupakan pertanda akan berakhirnya masa haid. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir saat mengalami perubahan warna darah menstruasi ini.

 

6. Hitam

Darah yang berwarna pada masa menstruasi merupakan tanda bahwa darah membutuhkan waktu lama untuk keluar. Biasanya ini terjadi karena darah yang tersimpan di dalam rahim akan mengalami oksidasi. Proses ini perlahan-lahan merubah warna darah, dari merah menjadi merah tua, kecokelatan, baru kemudian hitam.

Namun, jika darah yang berwarna hitam disertai dengan bau busuk atau menyengat, Anda perlu berhati-hati. Sebab hal ini bisa menjadi pertanda adanya sumbatan pada saluran reproduksi Anda. Apalagi jika ditambah dengan gejala demam, kesulitan buang air kecil, gatal, hingga bengkak pada area sekitar vagina Anda.

 

7. Abu-abu

Warna abu-abu pada darah menstruasi merupakan warna yang perlu Anda waspadai. Sebab warna ini, dapat menjadi tanda adanya infeksi, seperti vaginosis bakterial. Apalagi jika warna darah ini muncul bersamaan dengan gejala tertentu seperti demam, gatal, dan bau amis pada cairan vagina. Jika terjadi kondisi ini, sebaiknya anda langsung melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui dan mengatasi risiko infeksi.

 

Itulah warna darah menstruasi beserta keterangan mengenai kondisi kesehatan Anda. Selain dari warna, Anda juga perlu melakukan perbandingan melalui frekuensi, durasi, volume, serta gumpalan darah menstruasi. Maka dari itu, mulai sekarang, perhatikan juga ya warna darah menstruasi Anda, Ladies. Bila perlu, konsumsi juga suplemen Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil untuk meringankan gejala menstruasi dan menjaga kesehatan Anda. Dapatkan segera Blackmore Evening Primrose Oil + Fish Oil dengan mudah di sini.

 

bantu atasi keluhan menstruasi dengan Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635284/cek-kondisi-kesehatan-lewat-warna-darah-menstruasi