Ladies, Ayo Kenali Jenis-Jenis Keputihan


Ladies, Ayo Kenali Jenis-Jenis Keputihan

Ladies, Ayo Kenali Jenis-Jenis Keputihan

Bagi perempuan, masalah keputihan pasti pernah dialami. Tetapi tetap saja saat terjadi keputihan, Anda merasa khawatir. Apakah keputihan ini merupakan hal yang normal atau tanda adanya gangguan kesehatan pada alat seksual.

 

Kenali apa itu keputihan

 

perempuan perlu tahu jenis-jenis keputihan

 

Keputihan dapat disebut juga sebagai white discharge, vaginal discharge, leukore, atau flour albus. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan berupa lendir dari organ seksual atau vagina. Keluarnya keputihan masih terkait dengan hormon kesuburan perempuan yaitu estrogen. Cairan ini merupakan campuran dari rahim dan vagina yang mampu menjaga wagina tetap bersih, lembap, dan terlindungi dari infeksi.

 

Jenis-jenis keputihan

 

Keputihan sendiri memiliki sifat fisiologis dan patologis. Di mana keputihan bersifat bersifat fisiologis berupa  keputihan yang timbul akibat proses alami dalam tubuh. Sedangkan keputihan bersifat patologis adalah keputihan yang timbul karena infeksi dari jamur, bakteri dan virus. Dari kedua sifat tersebut, keputihan dibagi menjadi dua jenis yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan tidak normal.

1. Keputihan normal

Keputihan normal biasanya dialami oleh perempuan pada dua minggu lebih atau sekitar 10-16 hari menjelang menstruasi. Keputihan ini terjadi akibat adanya pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan selama proses ovulasi. Hormon estrogen dan progesteron juga menyebabkan lendir serviks menjadi lebih encer, sehingga menimbulkan keputihan selama proses ovulasi.

 

Keputihan normal dapat juga dialami oleh perempuan yang sedang hamil dan perempuan yang sedang menggunakan alat kontrasepsi oral KB hormonal berupa pil. Keputihan juga dapat keluar pada saat berhubungan seksual yang berfungsi sebagai pelumas. Ciri-ciri keputihan normal adalah cairan yang berwarna bening, kadang-kadang putih kental, tidak berbau, tidak disertai keluhan gatal atau lainnya, serta jumlah yang lebih sedikit.

 

2. Keputihan tidak normal

Keputihan tidak normal atau abnormal dapat terjadi pada semua infeksi alat kelamin. Misalnya infeksi bibir kemaluan, liang senggama, mulut rahim, jaringan penyangga, dan pada infeksi penyakit menular seksual. Ciri-ciri keputihan abnormal adalah terdapat banyak leukosit, jumlah banyak, timbul terus-menerus, warna yang berubah (biasanya kuning, abu-abu, atau menyerupai susu), disertai dengan keluhan (gatal, panas, dan nyeri), serta berbau (apek, amis, atau busuk).

 

Cara mengatasi keputihan

 

Walaupun normal, bagi beberapa perempuan keputihan dapat mengganggu. Apalagi jika keputihan keluar secara terus-menerus dalam beberapa hari. Sehingga menimbulkan kekhawatiran akan adanya masalah pada kesehatan. Untuk itu, berikut ada beberapa cara untuk mengatasi keputihan:

  • Jaga kebersihan alat kelamin karena secara anatomi vagina berada di antara uretra dan anus, sehingga Anda perlu membersihkan dari bagian depan ke belakang.
  • Jaga kebersihan pakaian dalam dengan cara dicuci dan disetrika.
  • Jangan bertukar handuk agar tidak menyebarkan bakteri, jamur, dan parasit.
  • Jangan menggunakan celana ketat karena alat kelamin akan menjadi hangat dan lembab sehingga meningkatkan kolonisasi bakteri, jamur, dan parasit.
  • Hindari mencuci vagina secara berlebihan karena dapat membunuh flora normal di dalamnya.
  • Cuci tangan sebelum menyentuh alat kelamin karena tangan dapat menjadi perantara kuman penyebab infeksi.
  • Saat menstruasi, ganti pembalut secara berkala minimal 3-4 kali sehari.
  • Kelola stres agar tidak meningkatkan hormon adrenalin yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran estrogen ke vagina terhambat dan menimbulkan keputihan.
  • Mengonsumsi suplemen Rillus yang mengandung probiotik dan prebiotik yang baik untuk menjaga keseimbangan flora normal di dalam vagina.

 

atasi masalah keputihan dengan Rillus

 

Itulah pengertian, jenis, dan cara untuk mengatasi masalah keputihan. Jika Anda ingin mendapatkan Rillus dengan mudah, cukup klik di sini. Temukan juga produk-produk kesehatan khusus perempuan lainnya dari KALBE hanya di KALCare.com. Mulai dari perawatan kulit, nutrisi khusus diet, hingga suplemen kecantikan.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2699783/lima-ciri-keputihan-tidak-normal

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2864446/ciri-ciri-keputihan-normal