Kreasi Resep : Poffertjes


Kreasi Resep : Poffertjes

Kreasi Resep : Poffertjes

Tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai lho Fams. Untuk itu, pemberian nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting dalam mendukung pembelajaran anak. Walaupun memang beberapa sekolah masih menerapkan pembelajaran daring, untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19.

 

Selain buah dan sayur, susu juga merupakan sumber nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak. Agar Si Kecil tidak bosan, Anda bisa membuat panganan yang terbuat dari susu. Misalnya seperti Poffertjes yang merupakan kue berbentuk bulat, empuk, dan manis yang berasal dari Negara Kincir Angin, Belanda.

 

Poffertjes memiliki nama lain yaitu bollebuisjes atau broedertjes. Poffertjes termasuk dalam jenis pancake tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Awalnya makanan ini dibuat dari tepung buckwheat sebagai camilan bagi masyarakat yang tidak mampu di Belanda. Penggunaan tepung buckwheat bukan tanpa alasan. Sebab tepung ini dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat utama. Poffertjes biasa disajikan sebagai sarapan dengan tambahan topping gula atau mentega.

 

Camilan ini pertama kali muncul dalam buku resep masak pada kisaran tahun 1700-an. Namun seiring berjalannya waktu, bahan untuk membuat poffertjes tepung gandum, susu, dan telur. Sedangkan penggunaan tepung ragi hanya sekadar untuk mengembangkan serta memberikan tekstur yang kenyal pada Poffertjes.

 

Makanan ini sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak masa kolonial. Tetapi pada zaman dahulu, bentuk Poffertjes cenderung bulat seukuran bola pingpong. Nah, kini Anda pun bisa mencoba membuat Poffertjes nikmat dan sehat dengan bahan campuran Morinaga Chil Go yang bisa didapatkan dengan mudah di sini.  Yuk langsung saja disimak cara membuat Poffertjes dengan resep berikut ini.

 

Poffertjes

(untuk 6-8 buah)

 

resep membuat poffertjes sehat untuk Si Kecil

 

Bahan:

130 gr tepung terigu protein tinggi

120 gr tepung terigu protein sedang

2 butir telur

¾ sdt ragi

40 gr gula pasir

3 botol Morinaga Chil Go rasa Cokelat

40 gr mentega

¼ sdt garam

 

Bahan tambahan:

5 sdm madu, untuk olesan

Aneka potongan buah-buahan

 

Cara membuat:

  1. Panaskan mentega agar mencair, kemudian sisihkan sementara hingga tidak panas.
  2. Pada wadah lain, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi, kemudian aduk hingga rata.
  3. Masukkan telur dan Morinaga Chil Go ke dalam adonan, sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata dan berbuih.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian saring adonan untung mengambil adonan yang menggumpal.
  5. Campurkan adonan yang telah disaring dengan mentega yang sudah dilelehkan dan garam. Aduk kembali adonan hingga tercampur rata.
  6. Siapkan wajan cetakan Poffertjes dan oles permukaan wajan dengan mentega sambil dipanaskan.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan, cukup sekitar ¾ bagian saja, karena adonan akan mengembang.
  8. Masak adonan Poffertjes hingga matang dan kecokelatan. Lalu angkat dan sisihkan.
  9. Letakkan Poffertjes di wadah saji, kemudian oles dengan madu.
  10. Jangan lupa hias dengan potongan buah. Poffertjes siap disajikan bagi Si Kecil.

 

Cukup mudah bukan membuat Poffertjes? Yuk segera saja dicoba untuk membuat Poffertjes sebagai camilan sehat Si Kecil. Anda bisa membuat variasi rasa lainnya sesuai dengan pilihan rasa dari Morinaga Chil Go. Morinaga Chil Go merupakan susu anak dengan  kandungan Serat Pangan Inulin yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus. Dengan begitu, saluran cerna Si Kecil menjadi sehat dan daya tahan tubuhnya pun lebih kuat saat bersekolah di masa new normal.

 

Susu siap minum Chil Go untuk penuhi nutrisi tumbuh kembang anak

 

Salam,

KALCare

 

 

 

 

 

Sumber:

https://morinagaplatinum.com/id/resep/poffertjes

https://food.detik.com/info-kuliner/d-2749321/poffertjes-pannekoek-bulat-dari-negeri-kincir-angin