Kontrol Kolesterol dengan Gaya Hidup Yang Lebih Baik

Kontrol Kolesterol dengan Gaya Hidup Yang Lebih Baik

Ternyata, hanya dibutuhkan beberapa perubahan mudah pada gaya hidup kita sehari-hari untuk bisa kontrol kolestrol dengan lebih baik, lho. Sebelumnya, coba disimak beberapa fakta kolesterol di bawah ini.

 

Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa, tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti mengalami serangan jantung. Hal ini karena, kadar kolesterol yang melebihi batas wajar akan menyebabkan penumpukan dan terbentuknya sumbatan dalam pembuluh darah.

 

Berbagai penelitian mencoba untuk menemukan cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol. Dan, hasilnya tidak diragukan lagi bahwa, hanya dengan menurunkan kadar kolesterol LDL, sudah mampu menurunkan 20-30% peluang seseorang terkena serangan jantung. Oleh karena itu, jika Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan makan dan pola hidup yang kurang sehat, segeralah ambil tindakan untuk mengatasinya.

 

Lantas, apa saja sih yang perlu d lakukan dalam upaya kontrol kolestrol tubuh?

 

– Turunkan dan jaga berat badan. Kelebihan berat badan, walaupun hanya sedikit, dapat memberi dampak yang berbeda. Menurunkan paling tidak 5-10% berat badan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol secara signifikan. Jika Anda terbiasa makan saat sedang bosan atau frustasi, gantilah dengan aktivitas lain yang lebih positif, misalnya berolahaga atau sesederhana berjalan-jalan ke luar ruangan. Selain itu, ganti kebiasaan makan makanan cepat saji dengan membawa bekal dari rumah. Di samping lebih sehat, perubahan ini juga bisa membuat Anda lebih berhemat, lho.

– Pilih dan sortir makanan yang akan Anda makan. Jauhkan berbagai makan yang mengandung lemak trans, dan perbanyak konsumsi makanan sehat, seperti gandum, buah-buahan, serta makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Lakukanlah diet lemah jenuh, jika perlu.

 

– Olahraga. Berolahraga dapat membantu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Mulailah dengan berolahraga ringan minimal 30 menit per hari. Jika Anda adalah pekerja kantoran, siasati waktu berolahraga Anda dengan berjalan kaki saat jam makan siang, mengendarai sepeda ke tempat kerja, atau mencari aktivitas yang menggabungkan gerak tubuh dan rekreasi, seperti berenang atau berdansa. Ikutilah klub olahraga agar Anda termotivasi untuk tetap melakukannya secara rutin.

 

– Berhenti merokok dan hindari minuman beralkohol. Dalam waktu 20 menit saja setelah Anda menetapkan untuk berhenti merokok, tekanan darah Anda akan mulai menurun. Dan, setelah 24 jam, risiko terkena serangan jantung juga akan menurun. Sedangkan, mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu menaikkan kadar HDL. Sebaliknya, terlalu banyak mengonsumsi muniman beralkohol dapat berujung pada kesehatan yang buruk, bahkan risiko yang lebih fatal.

 

– Disiplin. Jika Anda telah berhasil kontrol kolesterol dengan mengubah gaya hidup, jangan biarkan kemenangan awal membuat Anda merasa puas. Terus terapkan gaya hidup sehat ini, sebab manfaatnya akan Anda petik sendiri di kemudian hari.

 

 

 

Salam,

KALBE Store