Agar ASI Lancar, Konsumsi Makanan Berikut Saat Hamil

Agar ASI Lancar, Konsumsi Makanan Berikut Saat Hamil

Hingga saat ini, ASI masih menjadi makanan terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. Pemberiannya juga masih bisa diteruskan hingga usia 2 tahun. Namun kelancaran program ASI ini tidak akan tercapai tanpa persiapan yang baik. Persiapan ini pun hendaknya dilakukan sejak dini atau sejak masa kehamilan.

Salah satu tujuan makan makanan sehat dan minum susu ibu hamil juga tidak lepas dari itu semua, berikut makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat hamil agar ASI lancar.

Nasi Merah

beras-merah-makanan-ibu-menyusui

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memang jauh lebih baik. Tidak hanya mengandung karbohidrat, nasi ini juga kaya akan serat. Karbohidrat inilah yang nantinya dijadikan sebagai sumber energi sekaligus disimpan untuk ASI. Dengan mengonsumsi nasi merah, Anda juga terhindar dari kenaikan berat badan berlebih.

Bayam

bayam-makanan-ibu-menyusui

 

Sayuran ini dikenal akan zat besinya yang tinggi. Mengonsumsinya akan menjauhkan Anda dari risiko anemia kehamilan. Tidak hanya zat besi saja, kalsium dan asam folatnya juga tinggi. Kandungan zat besi yang tinggi, membuat bayam efektif untuk memengaruhi pembuatan ASI. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah berkaitan dengan pasokan ASI yang rendah juga. 

Bawang Putih

bawang-putih-makanan-ibu-menyusui

 

Khasiat bawang putih untuk memperlancar ASI sudah lama dikenal oleh masyarakat. Bawang putih bisa dikonsumsi sebagai bumbu masakan. Namun jika doyan, Anda bisa mengonsumsinya dalam kondisi mentah.

Pepaya

pepaya-makanan-ibu-menyusui

 

Buah pepaya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Namun tidak hanya itu, pepaya juga mampu merangsang produksi ASI. Sebagai persiapan menyusui nanti, Anda bisa mengonsumsinya sesuai kebutuhan. Buah ini mengandung galactagogue yang telah dikenal sebagai ASI booster atau pelancar ASI. Anda dapat menikmatinya dalam bentuk buah potong atau dimasak sebagai menu kukus dan tumisan.

Wortel

wortel-makanan-ibu-menyusu

Sayuran yang terkenal akan kandungan vitamin A ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga baik untuk memperlancar pencernaan dan membantu menyerap energi lebih baik. Kandungan di dalam wortel juga mendukung proses menyusui. Jika Anda ingin produksi ASI tetap lancar, konsumsi susu ibu hamil juga diperlukan.

Vitamin A dalam wortel berfungsi sebagai booster sekaligus meningkatkan kualitas ASI. Anda dapat menyajikan wortel dengan cara direbus atau diminum sebagai jus. Konsumsilah wortel setidaknya satu kali dalam sehari agar produksi ASI Anda semakin lancar.

Baca Juga: Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Penyebab ASI Tidak Lancar

Salah satu masalah utama yang kerap dialami seorang ibu ketika sudah melahirkan nanti adalah produksi ASI yang sedikit. Padahal, ASI adalah makanan utama bayi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya dan melindunginya dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab ASI tidak lancar: 

  1. Memberikan botol atau dot pada bayi terlalu dini.
  2. Tidak percaya insting sendiri dan kerap mengira bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup.
  3. Mengenalkan susu formula karena merasa aliran ASI sedikit.
  4. Lebih sering memompa ASI daripada memberikannya secara langsung pada bayi.
  5. Tidak segera mencari bantuan ketika ASI dirasa tak banyak.

Cara Memperbanyak ASI Selain dengan Makanan

Mengurangi stres

Stres dapat membuat Busui menghasilkan ASI lebih sedikit. Oleh karena itu, cobalah untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman setiap kali menyusui. Bumil bisa melakukannya sambil mendengarkan lagu yang Bumil sukai.

Melakukan Pijat Laktasi

Untuk melancarkan aliran ASI, cobalah memijat payudara dengan lembut selama beberapa menit. Cara ini cukup ampuh untuk membantu ASI keluar lebih lancar. Menurut Kemenkes, tujuan utama pijat payudara tentu saja untuk memudahkan payudara dalam memproduksi ASI. Ketika dipijat, peredaran darah yang ada di payudara akan berjalan lancar dan mengurai kelenjar susu yang mengendap di saluran ASI dalam payudara.

Selain beberapa cara di atas, Busui juga bisa melakukan metode kangguru untuk meningkatkan produksi ASI. Selama menyusui, sebisa mungkin batasi penggunaan dot atau botol susu karena dapat membuat Si Kecil mengalami bingung puting.

Rekomendasi Susu untuk Ibu Menyusui

Tentunya tidak sulit untuk memperoleh makanan-makanan di atas. Dari sisi harga, ragam makanan di atas juga cukup terjangkau. Selain menerapkan pola makan sehat dengan asupan kaya gizi, Anda bisa meningkatkan kualitas ASI dengan asupan tambahan. Salah satunya rutin konsumsi Prenagen lactamom.

prenagen-lactamom-Velvety-Chocolate-200gr

Kenapa Prenagen lactamom baik untuk ibu menyusui? Prenagen lactamom merupakan susu dengan nutrisi lengkap untuk masa menyusui yang rendah lemak dan punya kandungan gizi yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, lemak, dan protein) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral). Dengan kandungan zat besi, vitamin D, magnesium, fosfor, dan insulin, PRENAGEN lactamom bisa membantu memaksimalkan pertumbuhan dan kesehatan pencernaan si kecil.

Bukan itu saja, ada juga kandungan AA, DHA, dan kolin; serta omega 3, 6, dan 9 yang akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak buah hati tercinta. Kalsium di dalamnya dapat mendukung kesehatan tulang, karena kalsium juga akan diserap oleh buah hati melalui ASI. Prenagen lactamom juga menawarkan pilihan rasa nikmat seperti Velvety Choco, French Vanilla dan Groovy Mocha, sehingga ibu bisa meningkatkan kualitas ASI dengan cara yang lebih menyenangkan.

Hanya dengan mengakses website KALCare, Anda sudah bisa berbelanja berbagai kebutuhan nutrisi dengan lebih praktis dan tentunya terjangkau. Apalagi KALCare juga memiliki banyak fitur baru seperti layanan Same Day Delivery dan Instant Delivery, selain itu nikmati juga layanan KALCare Home Delivery yang memungkinkan kita untuk berbelanja melalui layanan chat dan telepon.

Dapatkan promo menarik khusus produk Prenagen melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward

Jangan lewatkan berbagai informasi dan isu kesehatan terkini mengenai daya tahan tubuh di era new normal melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

Salam,

 

KALCare

Sumber:

  1. Ingin ASI Banyak? Konsumsi 5 Makanan Kaya Nutrisi. Kemenkes. https://promkes.kemkes.go.id/?p=8966 (Diakses pada 10 Mei 2021)
  2. Cara Pijat Laktasi, Kemenkes. https://promkes.kemkes.go.id/cara-melakukan-pijat-payudara-untuk-memperlancar-asi (Diakses pada 10 Mei 2021)
  3. 8 Makanan Ini Bikin ASI Ibu Menyusui Lebih Deras. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3608214/8-makanan-ini-bikin-asi-ibu-menyusui-lebih-deras (Diakses pada  10 Mei 2021)