Berapa Banyak Sih Konsumsi Makanan Manis yang Diperbolehkan Saat Puasa


Berapa Banyak Sih Konsumsi Makanan Manis yang Diperbolehkan Saat Puasa

Berapa Banyak Sih Konsumsi Makanan Manis yang Diperbolehkan Saat Puasa

Berbuka dengan manis memang telah menjadi salah satu budaya saat berpuasa. Makanan manis pun sangat baik untuk mengembalikan energi dengan cepat. Tapi konsumsi makanan manis tetap ada batasnya. Mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih justru akan membawa masalah kesehatan. Diabetes adalah contohnya. Anda tentu tidak menginginkannya bukan? Akan tetapi berapa sih takaran gula yang boleh dikonsumsi selama bulan puasa?

 

Jumlah Maksimal Konsumsi Gula Harian

Sebenarnya batas konsumsi gula di saat puasa tidak berbeda jauh dengan hari-hari biasa. Per harinya, konsumsi gula sebaiknya tidak lebih dari 6 sendok teh atau maksimal 9 sendok teh. Tubuh sendiri sebenarnya tidak membutuhkan banyak asupan gula. Energi yang dibutuhkan oleh tubuh juga sudah terpenuhi oleh makanan lain seperti karbohidrat.

 

Jenis karbohidrat yang baik untuk puasa adalah karbohidrat kompleks. Itu karena jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna dan mampu bertahan di pencernaan lebih lama. Akibatnya, perut tidak mudah lapar. Sahur adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks ini. Beberapa contoh makanan yang mengandung jenis karbohidrat ini diantaranya adalah gandum, oatmeal, beras merah dan kacang-kacangan.

 

Aturan Mengonsumsi Gula Saat Puasa

Jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis, ada waktunya tersendiri. Saat sahur, sebaiknya kurangi konsumsi makanan ataupun minuman manis. Itu karena gula justru bisa membuat perut terasa cepat lapar. Mengonsumsi banyak gula saat sahur memang bisa memberi stok energi yang besar. Tapi daya tahannya hanya sebentar. Belum lagi risiko diabetes yang mengintai nantinya.

 

Waktu berbuka adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan manis. Bahkan sangat dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Itu karena makanan dan minuman manis dapat mengembalikan energi dengan cepat. Makan makanan manis sebelum makan besar juga membantu menekan keinginan untuk makan terlalu banyak. Akan tetapi, tetap perhatikan jumlahnya. Mengonsumsi gula terlalu banyak tetap bisa menyebabkan risiko diabetes.

 

Selama menjalankan ibadah puasa, lebih dianjurkan untuk memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Makan makanan sehat seperti ini juga bisa membantu memperlancar puasa Anda. Belum lagi manfaat kesehatan yang diperoleh. Untuk membantu menjaga kadar gula dalam darah, Anda juga bisa mengonsumsi susu diabetes seperti susu Diabetasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store