Kombinasi Menu untuk Diet Sehat

Kombinasi Menu untuk Diet Sehat

Jika Anda ingin menjalani pola diet sehat, selain Anda harus memperhatikan isi piring makan Anda, Anda juga perlu menguatkan tekad, agar bisa mempertahankan pola makan yang baik dan sesuai anjuran.

Pada awalnya, Anda mungkin akan kerepotan atau tidak telaten mengikuti rambu-rambu pola makan sehat yang dianjurkan, karena mengolah dan mengonsumsi makanan sehat memang tidak semudah sekadar membeli santapan siap saji atau memasak makanan instan. Namun, jika Anda sudah mendapatkan bentuk tubuh ideal dan kondisi tubuh yang fit dan bugar, tentunya semua usaha tersebut akan terbayar, bukan? Manfaat lainnya adalah, jika Anda rutin menjalaninya, dengan sendirinya Anda akan terbiasa memiliki gaya hidup sehat, misalnya Anda jadi terdorong untuk lebih rajin berolahraga, menghindari rokok dan minuman beralkohol, serta lebih memperhatikan jadwal tidur Anda.

 

Nah, sebelumnya mari kita kembali kepada inti dari diet sehat, yaitu memperbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta mengurangi konsumsi daging merah. Hal tersebut bisa Anda terapkan untuk setiap waktu makan utama Anda – 3 kali sehari. Yang pertama, jangan pernah lupa untuk sarapan, karena sarapan sehat merupakan bagian penting dari pola diet seimbang. Kedua, ganti daging merah dengan asupan protein hewani yang didapat dari ikan. Ikan laut merupakan sumber protein dan mineral. Minyak ikan yang tinggi omega-3 pun dapat mencegah penyakit jantung.

 

Kemudian, perhatikan asupan garam. Meski kita memakai sedikit garam dalam masakan, jangan lupa apabila kita mengkombinasikan hidangan dengan kecap atau saos dan sambal botolan, perhatikan juga komposisinya. Selain mengandung bahan pengawet, perasa botolan semacam itu biasanya mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

 

Karenanya, untuk komposisi diet sehat, para ahli merekomendasikan bahwa, setidaknya kita makan sebanyak 5 porsi buah dan sayuran aneka jenis dalam sehari. Ini tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, kok. Tidak perlu juga Anda mengonsumsi buah dan sayuran mentah setiap kali. Cukup dengan mereguk segelas jus buah alami saja sudah bisa dihitung sebagai satu porsi. Kemudian, sayuran pun bisa “diselipkan” di antara 3 waktu makan utama Anda. Belum lagi, buah-buahan bisa juga dijadikan sebagai camilan.

 

Mudahnya, Anda masukkan saja buah-buahan ke dalam menu sarapan Anda. Misalnya, masukkan potongan buah pisang ke dalam mangkuk sereal Anda. Atau, makan saja langsung buah pepaya, mangga, alpukat, atau buah naga sebagai sarapan Anda. Apabila Anda sarapan telur, jangan lupa tambahkan sayur-sayuran, seperti jamur atau tomat. Anda juga bisa meminum jus alami, sebagai bagian dari diet sehat Anda di pagi hari, atau buatlah smoothies dari campuran buah dan sayur.

 

Untuk makan siang, kombinasikan karbohidrat dengan sayur-sayuran dan protein nabati, seperti tempe atau tahu. Jangan lupa makan lagi buahnya. Kemudian, di malam hari, jika ingin makan daging merah, kombinasikan dengan wortel dan brokoli, atau kembang kol tanpa karbohidrat. Selamat mencoba, dan semoga diet sehat Anda sukses, ya!

 

 

 

Salam,

KALBE Store