Kiat Mudah Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kiat Mudah Menjaga Jantung Tetap Sehat

29 September ditetapkan sebagai Hari Jantung Sedunia. Peringatan ini merupakan upaya untuk menyadarkan masyarakat dunia mengenai pentingnya menjaga kesehatan jantung. Sebab penyakit kardiovaskuler yang meliputi penyakit jantung dan stroke adalah penyebab kematian nomor satu di dunia.

 

Menurut Kemenkes RI, penyakit jantung juga masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengambil peran serta untuk menurunkan angka tersebut. Walaupun mematikan, penyakit jantung masih bisa Anda cegah. Nah, berikut ini merupakan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

 

1. Ketahui kondisi kesehatan

 

Saat memasuki usia 40-75 tahun, Anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan rutin minimal sekali dalam setahun. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui apakah ada risiko penyakit jantung. Melalui pemeriksaan ini juga dokter dapat menilai tingkat risiko dan memberi informasi lanjutan mengenai penanganannya.

 

2. Tetap beraktivitas

 

 

 

aktif beraktivitas akan menjaga jantung tetap sehat

 

 

 

Aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara umum dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak hanya jantung, aktivitas fisik juga dapat mencegah penyakit stroke dan gula. Aktivitas fisik tidak selalu harus Anda lakukan dengan berolahraga pada pusat kebugaran. Rutin berjalan kaki selama 30 menit juga merupakan upaya yang cukup untuk menjaga tubuh tetap fit.

 

3. Kontrol kadar kolesterol

 

Mengendalikan kadar kolesterol jahat perlu untuk dilakukan. Sebab penumpukan lemak di pembuluh darah akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Caranya, bisa dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, santan, dan mentega. Lebih baik Anda memperbanyak konsumsi ikan yang tinggi omega-3 dan omega-6. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang tinggi serat.

 

4. Jaga tekanan darah

 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan pembuluh darah kecil lainnya. Jika tidak ditangani, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi seperti pembengkakan dan serangan jantung. Karena itu, Anda disarankan untuk selalu memeriksakan tekanan darah setidaknya satu bulan sekali. Anda juga diharapkan untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi kandungan garam dan makanan siap saji.

 

5. Jaga berat badan

 

Untuk mengetahui berat badan ideal atau tidak, Anda dapat melakukan penghitungan indeks massa tubuh atau IMT. Para ahli merekomendasikan nilai IMT yang aman adalah di bawah 25. Bila IMT Anda lebih dari angka tersebut, Anda dapat mulai melakukan langkah-langkah untuk menurunkan berat badan. Caranya dengan menjaga pola makan dan melakukan aktivitas fisik. Penurunan berat badan sekitar 2-5 kilogram sudah dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

6. Kontrol gula darah

 

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Pada akhirnya kerusakan ini dapat juga menyebabkan kerusakan organ jantung. Untuk itu, jangan lupa untuk memeriksa gula darah pada saat Anda melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan yang terlalu manis agar kadar gula darah tidak meningkat.

 

7. Berhenti merokok

 

 

 

berhenti merokok merupakan langkah mudah mencegah penyakit jantung

 

 

 

Berhenti merokok merupakan langkah awal dalam mengurangi risiko berbagai penyakit dalam tubuh, termasuk penyakit jantung. Bahan kimia dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan arteri akibat plak, sehingga merusak jantung dan pembuluh darah. Karbon monoksida dalam asap rokok juga akan mengurangi beberapa oksigen dalam darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi meningkat karena jantung harus bekerja ekstra untuk memasok kebutuhan oksigen. Inilah yang membuat perokok pasif memiliki risiko penyakit jantung sama dengan perokok aktif.

 

8. Kelola stres

 

Saat mengalami stres, tubuh akan memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras dan meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, jantung Anda dapat menjadi rusak. Maka Anda perlu pintar-pintar dalam mengalami mengelola emosi negatif dan stres. Tidak ada salahnya juga dengan menceritakan masalah Anda kepada seseorang yang dipercaya atau mengunjungi konselor profesional.

 

9. Cukup tidur

 

Kurang tidur juga berbahaya bagi kesehatan Anda lho! Ada risiko obesitas, diabetes, depresi, dan serangan jantung dibalik kurang tidur. Untuk itu Anda memerlukan tidur 7-9 jam setiap harinya.

 

10. Konsumsi Blackmores CoQ10 75mg

 

 

 

suplemen kesehatan jantung Blackmores CoQ10 75mg

 

 

 

Menjaga kesehatan jantung juga bisa dengan mengonsumsi suplemen Blackmores CoQ10 75mg lho. Sebagai sumber alami Coenzyme Q10, suplemen ini mampu menjaga kesehatan fungsi jantung, kardiovaskular dan arteri Anda. Blackmores CoQ10 75mg juga membantu tubuh untuk produksi energi di dalam sel sehingga tidak mudah lemas. Disarankan Anda mengonsumsi Blackmores CoQ10 75mg 2 kali sehari untuk jantung yang lebih sehat.

 

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Yuk mulai aplikasikan semua cara-cara di atas untuk mendukung jantung yang sehat. Jangan lupa untuk berperan serta dalam menciptakan kehidupan sehat agar terbebas penyakit jantung bersama Blackmores CoQ10 75mg!

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com

Kompas.com