Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Masalah GTM atau gerakan tutup mulut pada anak sering membuat para orang tua resah. Memang mengatasi anak susah makan tidaklah semudah yang dibayangkan.

 

Apalagi ketika anak menginjak usia dua tahun ke atas, saat ia mulai merasakan banyak rasa dan berbagai jenis makanan. Alhasil, orang tua harus memutar otak untuk membuat anak mau makan.

 

Stress karena anak melakukan GTM? Berikut kiat mengatasi anak susah makan:

 

1. Jangan Paksa Anak Makan

Seperti halnya orang dewasa, sebenarnya anak punya rasa lapar dan ia akan mengekspresikannya sendiri ketika ingin makan. Kebanyakan orang tua terlalu memaksakan anak makan sesuai dengan porsiĀ  yang diharapkan orang tua dan biasanya dalam jumlah banyak.

 

Coba tanyakan pada anak kemauannya makan apa atau berikan ia porsi kecil dengan frekuensi sering. Anak akan lebih tertarik untuk mengonsumsi makanannya dan merasa tidak terbebani.

 

2. Displin dalam Mengatur Pola Makan

Disiplin menjadwalkan pola makan anak adalah penting. Selalu berikan anak makan pada waktu yang sesuai setiap harinya. Jangan sampai Anda terlewat dengan waktu makan anak! Hal ini akan membuat perut anak terbiasa untuk mengonsumsi makanan sesuai dengan pola yang sama setiap harinya.

 

3. Berikan Porsi Kecil Setiap Makan

Pada anak yang sering melakukan GTM, akan lebih baik bila orang tua memberikan porsi kecil pada anak. Dengan menyediakan menu makanan berkuantitas sedikit tapi frekuensinya sering, tetap membuat anak terpenuhi gizinya namun ia cenderung mau makan.

 

4. Sediakan Kudapan Jus Buah atau Buah

Di sela makan beratnya, orang tua lebih bagus memberikan kudapan jus buah atau buah. Jenis makanan tersebut tidak akan membuat perut anak begah. Kandungan serat di dalam buah juga baik untuk sistem pencernaan anak.

 

5. Kreatif

Ya, para orang tua sangat dituntut untuk kreatif ketika Si Kecil mengalami GTM. Buatlah menu makanan dengan bentuk-bentuk yang menarik. Asah kreativitas Anda berprakarya dalam membuat menu makanan. Entah telur mata sapi yang dibuat berbentuk hati atau buat paket bento di tempat makan anak dengan nasi yang dibentuk boneka salju.

Bagaimana? Mulai dapat pencerahan kan tentang bagaimana mengatasi anak susah makan!

 

 

Salam,

KALBE Store