Khasiat Madu untuk Keindahan Kulit

Khasiat Madu untuk Keindahan Kulit

Madu telah digunakan selama berabad-abad karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Madu mengandung mengandung protein, asam amino, vitamin, enzim, mineral, dan komponen kecil lainnya.

Madu memiliki efek seperti, antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antikanker, dan antimetastatik. Kini, semakin banyak yang menggunakan zat manis dan lengket ini untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

 

Berbagai produk yang dijual bebas seperti pelembab bibir, losion, hingga krim wajah mengandung kadar madu yang bervariasi. Beberapa penelitian telah membuktikan tentang khasiat mengoleskan madu untuk kulit tubuh dan wajah, berikut penjelasannya.

 

  1. Membantu Mengatasi Jerawat

Kondisi jerawat sering dialami oleh berbagai kalangan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, hormon, genetik, stres, dan makanan.

 

Untuk mengatasinya, Anda dapat menjadikan madu sebagai pengobatan alternatif. Sebuah penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa madu berfungsi sebagai antimikroba yang dapat membunuh bakteri jerawat pada kulit.

 

Namun, belum diketahui berapa banyak takaran madu yang dioleskan ke kulit untuk mengatasi jerawat. Kemungkinan, mengoleskan sedikit madu pada daerah kulit yang berjerawat dapat membantu membersihkan jerawat.

 

  1. Meringankan Gejala Eksim

Eksim, atau dermatitis atopik merupakan suatu kondisi kulit yang memerah dan disertai rasa gatal. Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak dan juga dapat terjadi pada orang dewasa.

 

Satu penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa madu manuka memiliki efek yang mampu mengurangi luka eksim pada kulit. Namun, belum diketahui apakah madu biasa lainnya memiliki efek yang sama.

 

Baca juga: Stress Melunturkan Keindahan Kulit

 

  1. Melawan Tanda Penuaan

Khasiat madu untuk kulit wajah selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan yang ada pada madu dapat bekerja sebagai humektan alami yang mampu melawan tanda-tanda penuaan.

 

Penggunaan madu secara topikal dapat mengontrol munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah.

 

Nutrisi yang ada pada madu menjaga kulit tetap sehat, lembap, memperbaiki tekstur kulit, dan juga memudarkan bekas luka. Secara keseluruhan, dengan mengoleskan madu pada kulit dapat memperkuat skin barrier sehingga mencegah penuaan dini.

 

  1. Mencerahkan Kulit

Madu memiliki sifat mencerahkan kulit dan juga memberikan efek glow lembab yang sehat ke wajah setelah digunakan. Madu baik untuk merawat berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi.

 

Zat manis ini membuat kulit terhidrasi dan tidak lengket serta berminyak. Anda dapat mengaplikasikan madu pada kulit wajah, lalu bilas setelah didiamkan beberapa saat, hal tersebut untuk menghilangkan kesan lengket dan menjadikan kulit terhidrasi dan bercahaya.

 

Baca juga: Kulit Cerah dengan Krim Wajah yang Aman Berkualitas

 

Cara Menggunakan Madu Pada Kulit

Sebelum Anda mengaplikasikan madu pada kulit wajah secara keseluruhan, sangat penting untuk melakukan tes percobaan pada salah satu bagian kulit wajah.

 

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah madu cocok untuk kulit Anda dan tidak menyebabkan iritasi atau efek negatif lainnya.

 

Dalam menggunakan madu untuk masker wajah, Anda dapat mencampurkannya dengan bahan-bahan lain seperti, kunyit, yoghurt, alpukat, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: 5 Masker Kecantikan Terbuat Dari Bahan Makanan

 

Itulah beberapa khasiat madu untuk kulit wajah. Melakukan perawatan kulit agar tetap sehat dan cantik sebenarnya tidak terlalu sulit.

 

Melakukan gaya hidup sehat, seperti istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta makan makanan yang sehat dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang bersinar.

 

Sebagai tambahan, Anda dapat mengonsumsi Diva, minuman kecantikan yang kaya akan antioksidan, kolagen, dan rendah kalori, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

 

Salam,

KALCare

(NA)

 

Sumber:

  • Medical News Today. Diakses pada 26 Agustus 2021. Can I put honey on my face? What does it do?
  • Medical News Today. Diakses pada 26 Agustus 2021. Honey for skin: How to use and side effects.
  • PubMed. Diakses pada 26 Agustus 2021. Honey in dermatology and skin care: a review.
  • PubMed. Diakses pada 26 Agustus 2021. Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research.