Ketika Stretch Mark Menggurat Kecantikan Pasca Melahirkan


Ketika Stretch Mark Menggurat Kecantikan Pasca Melahirkan

Ketika Stretch Mark Menggurat Kecantikan Pasca Melahirkan

Bagi sebagian ibu, timbulnya stretch mark pasca melahirkan tentu mengurangi keindahan kulit di beberapa bagian tubuh, khususnya perut, pinggang, pinggul, dan bagian tubuh lainnya. Berbagai produk kecantikan pun tersedia di pasaran, yang menjanjikan perawatan untuk mengembalikan kecantikan kulit Anda seperti sebelum melahirkan. Namun, yang lebih penting lagi adalah, menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh selama masa kehamilan, guna menghindari harus berurusan dengan guratan-guratan stretch mark selepas melahirkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengontrol pertambahan berat badan Anda selama masa kehamilan, karena jika Anda memiliki berat badan berlebihan selama hamil, maka stretch mark sudah pasti tidak dapat dihindari.

 

Sebenarnya, stretch mark tidak hanya bisa terjadi pada ibu hamil saja. Kaum dewasa bahkan remaja yang sering berdiet yo-yo, dan sering mengalami naik-turun berat badan secara drastis juga tidak bisa menghindari ancaman stretch mark. Khusus bagi ibu hamil, risiko mengalami stretch mark akan meningkat apabila Anda memiliki keturunan atau riwayat keluarga yang memiliki stretch mark, hamil di usia remaja, berat badan bertambah secara drastis, memiliki bayi yang berberat badan berlebih, memiliki cairan berlebihan di dalam tubuh, serta mengandung bayi kembar.

 

Pada sebagian kasus, stretch mark dapat memudar sekitar 6-12 bulan pasca melahirkan, karena pigmen kulit dengan sendirinya akan memudar, dan membuat tampilan stretch mark semakin halus. Namun, tentu saja waktu tersebut cukup lama, sehingga tidak jarang ibu mengandalkan perawatan kulit seperti laser dan krim untuk menghilangkan stretch mark.

 

Pada dasarnya, ada beberapa cara mudah untuk mencegah dan mengurangi timbulnya stretch mark pasca melahirkan, seperti:

 

1) Olaharaga teratur selama masa kehamilan, karena dapat mengubah lapisan lemak di bawah kulit menjadi energi.

 

2) Kurangi konsumsi garam dan gula, karena dapat membentuk gumpalan lemak yang sulit dibakar. Sementara, garam dapat menyumbat sel-sel pembuluh darah Anda.

 

3) Hindari makanan berlemak dan junk food, yang mengandung karbohidrat serta lemak yang tinggi.

 

4) Perbanyak mengonsumsi air putih, karena dapat memperlancar proses metabolisme, serta mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh.

 

5) Lakukan perawatan kulit secara alami selama masa kehamilan dan pasca melahirkan, seperti luluran, massage atau scrub yang dapat menghaluskan kulit dari luar tubuh.

 

 

 

Salam,

KALBE Store