Ketahui Perbedaan Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Laktosa

Ketahui Perbedaan Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Laktosa

Susu merupakan nutrisi yang dapat dikonsumsi oleh berbagai usia. Bahkan susu pun juga diolah dalam bentuk yoghurt, keju, dan es krim sebagai variasi. Namun, pada beberapa orang, susu tidak dapat dicerna dengan baik. Seperti memberikan efek alergi atau intoleransi laktosa.

 

orang tua perlu tahu perbedaan alergi susu sapi dan intoleransi laktosa

 

Pengertian dan penjelasan alergi susu sapi

 

Perlu Anda tahu, alergi susu sapi dan intoleransi laktosa adalah hal yang berbeda. Alergi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap susu dan olahannya karena di dalamnya masih mengandung protein susu. Seseorang yang mengalami alergi susu sapi pada awalnya tidak langsung terlihat setelah mengonsumsi susu. Biasanya alergi susu sapi banyak ditemukan pada anak-anak. Orang dewasa juga dapat mengalami alergi tetapi kasusnya lebih sedikit.

 

Alergi baru akan muncul setelah berkali-kali mengonsumsi susu sapi, lalu secara tiba-tiba anak mengalami diare. Anak juga akan mengalami gejala kram perut, ruam gatal, hidung dan mata berair, serta mual bahkan muntah. Alergi susu sapi disebabkan oleh reaksi dari imunoglobulin dalam tubuh. Jadi pada saat anak mengonsumsi susu sapi, tubuh akan membentuk antibodi. Semakin lama anak mengonsumsi, maka tubuh akan semakin bertambah tinggi antibodinya. Jika melewati batas antibodi, maka akan muncullah alergi.

 

Anak-anak yang menderita alergi susu sapi umumnya akan diberikan susu pengganti dengan protein susu sapi sudah dihidrolisa atau dipecah menjadi partikel-partikel kecil. Sehingga susu untuk anak dengan alergi dikenal dengan istilah susu hypoallergenic. Jika dengan menggunakan susu hypoallergenic anak masih mengalami alergi, maka protein akan dipecah lagi seperti dalam susu extensive hydrolyzed, dan lebih kecil lagi dalam susu asam amino.

 

Untuk anak dengan alergi susu sapi, Anda dapat memberikan alternatif susu dengan kandungan isolat protein kedelai seperti Morinaga Chil School Soya. Morinaga Chil School Soya mengandung protein kedelai yang berkualitas tinggi setara dengan susu sapi. Walaupun dari kedelai, Morinaga Chil School Soya mengandung formula MoriCare Plus Prodiges yang mendukung Kecerdasan Multitalenta, Pertahan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal. Anda bisa mendapatkan dengan mudah di sini.

 

Morinaga Chil School Soya baik untuk nutrisi anak dengan alergi

 

Pengertian dan penjelasan intoleransi laktosa

 

Sedangkan intoleransi laktosa merupakan kondisi seseorang yang tidak bisa mencerna gula susu atau laktosa karena tubuhnya mengalami kekurangan enzim laktase. Kekurangan enzim laktase pada usus membuat laktosa tidak dapat dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Sehingga efeknya dapat langsung terjadi setelah anak mengonsumsi susu. Intoleransi laktosa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti sakit perut, mulas, diare, perut kembung, dan muntah.

 

Kebalikan dari alergi, kasus intoleransi laktosa lebih banyak ditemukan pada orang dewasa. Mengatasi intoleransi laktosa juga bisa dikategorikan lebih mudah dibandingkan dengan alergi susu sapi. Sebab orang yang mengalami intoleransi laktosa dapat membatasi jumlah makanan atau minuman yang mengandung susu atau mengonsumsi suplemen enzim laktase. Orang dengan intoleransi laktosa juga dapat mengonsumsi susu atau produk olahan susu tidak mengandung laktosa yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran.

 

Itulah perbedaan alergi susu sapi dan intoleransi laktosa yang perlu Anda ketahui. Jadi jangan sampai salah untuk membedakan antara alergi susu sapi dan intoleransi laktosa ya. KALCare menjual susu formula terbaik & susu pertumbuhan anak online terbaik. Bahkan tersedia juga promo susu formula anak terbaik & susu pertumbuhan anak alergi.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

 

 

Sumber :

https://nasional.kompas.com/read/2009/11/09/14262631/beda.intoleransi.laktosa.dan.alergi.susu.sapi

https://parenting.orami.co.id/magazine/perbedaan-alergi-susu-dan-intoleransi-laktosa/