Ketahui Penyebab Wasir dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Wasir dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang memiliki wasir, pasti pernah mengalami nyeri atau sakit ketika duduk. Wasir merupakan benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Penyakit ini sendiri memiliki dua jenis, yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid.

 

Penyebab wasir

 

faktor yang dapat menyebabkan wasir

 

Sebagian besar kasus wasir terjadi akibat terlalu sering mengejan terlalu keras pada saat buang air besar. Tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan anus membuat pembuluh darah di dalam anus mengalami pembengkakan. Selain itu beberapa faktor lain berikut ini dapat menyebabkan tekanan pada rektum dan anus sehingga menyebabkan wasir.

  1. Sembelit kronis akibat feses yang mengeras membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan tersebut memicu pembengkakan pembuluh darah di anus yang menyebabkan wasir.
  2. Duduk terlalu lama. Kebiasaan ini dapat menyebabkan wasir karena pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan ini akhirnya menekan dinding pembuluh darah sehingga semakin membesar.
  3. Kehamilan. Bertambahnya usia kehamilan membuat rahim akan ikut berkebang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar sehingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.
  4. Berat badan berlebihan atau obesitas.
  5. Mengangkat benda berat secara berulang atau bahkan sering bisa menjadi penyebab wasir. Hal ini karena adanya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.
  6. Usia. kondisi tubuh yang ikut menua secara alami seiring dengan pertambahan usia menyebabkan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus menjadi semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak. Kondisi ini pada akhirnya dapat menjadi penyebab munculnya wasir.
  7. Pola makan yang salah seperti kurang mengonsumsi makanan berserat dapat menyebabkan wasir. Selain itu kebiasaan mengonsumsi makanan yang pedas, makanan bersantan, sering minum minuman beralkohol dan soda, serta merokok dapat menjadi pemicu wasir.
  8. Kurang berolahraga
  9. Melakukan hubungan seksual yang tidak lazim
  10. Terjadi penekanan kembali aliran darah vena.

 

Cara mengatasi wasir

 

Untuk mengatasi wasir, Anda bisa melakukan beberapa cara. Mulai dari menggunakan bahan alami, mengonsumsi suplemen, serta operasi. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing cara mengatasi wasir.

1. Menggunakan bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan penyakit wasir. Di antaranya seperti cuka apel, lidah buaya, bawang putih, dan kulit manggis. Untuk penggunaan cuka apel, Anda cukup merendam kapas di dalam larutan cuka apel, kemudian oles perlahan pada area wasir. Jika Anda memilih lidah buaya, cuci bersih, blender, dan oleskan pada area wasir. Anda juga dapat mengonsumsi lidah buaya untuk membantu melancarkan saluran pencernaan karena dapat mendorong isis usus agar keluar lebih lunak. Sedangkan untuk bawang putih, tumbuk halus kemudian oleskan pada benjolan di sekitar anus, serta kulit manggis yang dikeringkan, lalu direbus dan minum setiap hari.

2. Mengonsumsi suplemen H2 Hemorid

H2 Hemorid merupakan suplemen dari Health and Happiness yang dapat meringankan gejala wasir. Dengan bahan alami dari curcuma xanthorrhiza, graptophylli folium,  Cordyline folium, dan Equiseti herba. Anda dapat mengonsumsi H2 Hemorid sehari 3×2 kapsul untuk pengobatan. Sedangkan untuk pemeliharaan, Anda cukup mengonsumsi 1×2 kapsul sehari. Dapatkan H2 Hemorid dengan mudah di sini.

H2 Hemorid untuk bantu meringankan gejala wasir

 

3. Hemoroidektomi

Pengobatan terakhir wasir yang dapat Anda lakukan adalah hemoroidektomi atau operasi pengangkatan wasir. Proses hemoroidektomi dilakukan untuk mengatasi wasir berat dan kambuhan yang paling efektif. Pada proses ini, jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan akan diangkat. Proses hemoroidektomi dapat dilakukan dengan bius lokal dengan kombinasi obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

 

Itulah penjelasan mengenai penyebab wasir dan cara mengatasinya. Jangan lupa agar tidak memperparah atau mencegah wasir, lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat, seperti mengonsumsi makanan tinggi serat dan minum air putih secara rutin. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pada area anus.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/health/read/3871077/penyebab-ambeien-dan-cara-mengatasinya-jangan-sering-mengejan-terlalu-keras