Ketahui Cara Kerja Alat Tes Corona GeNose

Ketahui Cara Kerja Alat Tes Corona GeNose

Di penghujung tahun 2020, Indonesia mengeluarkan sebuah alat untuk mendeteksi virus corona yang disebut dengan GeNose. GeNose merupakan alat tes corona yang dikembangkan oleh peneliti di Universitas Gadjah Mada. Bahkan, GeNose sudah memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan sehingga sudah mulai diproduksi secara massal.

 

Cara kerja alat tes corona GeNose

 

alat tes corona GeNose

Sumber: SemarangBisnis.com

 

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja GeNose dalam mendeteksi virus corona di dalam tubuh. Ternyata alat tes ini menggunakan sampel berupa embusan napas. Pengambilan sampel melalui napas ini dianggap lebih nyaman dibandingkan dengan usap atau swab.  Alat tes corona GeNose akan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). VOC dapat terbentuk jika adanya infeksi covid-19 yang keluar pada saat bernapas. Pada saat diperiksa, seseorang akan diminta untuk mengembuskan napas ke tabung khusus. Kemudian, sensor-sensor di dalam tabung akan bekerja mendeteksi VOC, lalu data yang diperoleh akan diolah menggunakan alat bantu kecerdasan buatan atau disebut sebagai artificial intelligent hingga mengeluarkan hasil. Hasil dari alat tes GeNose ini bisa didapatkan dalam waktu 2 menit, untuk mendeteksi apakah seseorang terinfeksi covid-19 atau tidak. Dari hasil tes tersebut, tingkat akurasi GeNose diketahui mencapai 97 persen.

 

Alat tes corona GeNose sudah melalui uji profiling menggunakan 600 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 Bambanglipuro, Yogyakarta. Menurut Pakar Biologi Molekuler, Ahmad Utomo, konsep GeNose sebenarnya sudah banyak diteliti oleh negara lain, salah satunya Singapura. Tetapi bedanya, alat tes corona GeNose yang dibuat oleh UGM merupakan alat portable.

 

Konsep GeNose juga sebenarnya tidak mendeteksi virus secara langsung, tetapi metabolik gas ketika seseorang terinfeksi virus. Sebab pada saat bernapas, ada banyak embusan gas organik yang keluar dari dalam tubuh. Saat seseorang terinfeksi virus, akan terdapat kelainan metabolik. Alat tes corona GeNose akan merekam kelainan metabolik melalui komposisi gas, yang akan diskrining mendekati orang yang terinfeksi covid-19.

 

Untuk harganya sendiri, alat tes covid-19 GeNose bisa dikatakan “lebih bersahabat dengan kantong” dibandingkan dengan tes covid lainnya. Untuk sekali tes, Anda dikenakan biaya sekitar Rp 15.000-Rp 25.000. Tentu dengan harga yang cukup terjangkau, diharapkan masyarakat tetap dapat melakukan cek kesehatan terkait covid untuk mencegah penularan yang lebih luas.

 

Penggunaan GeNose di masyarakat

 

Kemunculan alat tes corona GeNose dipandang positif oleh beberapa pihak. Misalnya seperti Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang menyambut baik alat tes corona, GeNose. Bahkan, Menteri Perhubungan berencana untuk menggunakan GeNose di stasiun kereta api mulai 5 Februari 2021. Bahkan Beliau sudah melakukan koordinasi dengan satgas Covid-19 mengenai penggunaan alat GeNose di stasiun secara bertahap, kemudian di bandara. Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga mendukung penggunaan alat tes corona GeNose pada fasilitas umum lainnya.

 

Itulah penjelasan mengenai alat tes covid-19, GeNose. Semoga dengan munculnya alat deteksi virus corona ini, angka penyebaran virus di Tanah Air dapat ditekan ya Fams! Tetapi ingat, Anda juga harus menerapkan 5M yaitu:

  1. Memakai masker saat Anda berada di luar rumah, atau saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat yang berkunjung.
  2. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir sesering mungkin, atau jika tidak memungkinkan Anda bisa menggunakan hand sanitizer.
  3. Menjaga jarak sekitar 1-2 meter dengan orang lain jika Anda terpaksa pergi meninggalkan rumah.
  4. Menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah, sebab semakin sering Anda bertemu dengan orang lain, semakin tinggi juga risiko terinfeksi covid-19.
  5. Mengurangi mobilitas dan tetaplah berada di dalam rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.

 

Nah, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari covid-19. Salah satu suplemen yang bisa Anda konsumsi adalah Hevit-C 1000 mg. Selain itu, Hevit-C 1000mg juga dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan vitamin C. Anda bisa mendapatkan Hevit-C 1000mg dengan mudah di sini. Atau Anda bisa mendapat varian Hevit-C 500mg dengan mudah hanya di KALCare.

 

cegah covid dengan suplemen daya tahan tubuh Hevit-C

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/29/170200923/mengenal-genose-alat-deteksi-virus-corona-bisakah-gantikan-pcr-?page=all

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/25/193000965/genose-alat-deteksi-covid-19-buatan-ugm-akan-digunakan-di-stasiun-ini?page=all